Menumbuhkan Sikap Disiplin Anak Melalui Standar Operasional Prosedur

  • Lea Sartika Siregar Mahasiswa
Keywords: Standard Operating Procedures, Discipline Attitude, Early Childhood Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penyelenggaraan standar operasional prosedur di sekolah Safaraz Islamic Preschool dan melalui standar operasional prosedur mampu menumbuhkan sikap disiplin anak usia dini. Dalam kegiatan observasi peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menemukan hasil bahwasanya sikap disiplin anak akan tumbuh ketika diterapkan sebuah metode pembiasaan sejak anak usia dini. Metode pembiasaan ini bisa disebut sebagai standar operasional prosedur (SOP) yang mana pada standar ini anak diajarkan suatu kebiasaan yang terus menerus diulang sehingga mendapatkan hasil tumbuhnya sikap disiplin yang akan melekat dalam diri anak hingga dewasa. Maka dari itu, melalui hasil penelitian yang di dapatkan peneliti semoga bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan.

References

Barumi, Y. A., & Watini, S. (2022). Penggunaan Channel TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi IV Serui. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3491-3498

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.

Haniza, N. ., Nurhasanah, N., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2021). Pengembangan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini di TK Islam Kota Mataram Tahun 2021. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(4), 343-348.

Ihsani, N., Kurniah, N., Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3 (2), 105-110. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.105-110

Lina, Suryana, D., & Nurhafizah. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (2). hlm. 346-355.

Martsiswati, E., Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187-198

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakary.

Munaamah, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Peran Guru dalam Optimalisasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9 (3), 355-362. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38329

Ningsih, S., Wiyono, B. B., & Atmoko, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Montessori dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian , dan Pengembangan, 6(2), 292-299

Purwaningsih, S. S., Hadiningrum, K., & Sardjito, N. Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Standar Operasional Prosedur Pembelajaran Pos Paud di Cimahi Utara Kota Cimahi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 77-86

Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Anak Usia Dini melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 261-275

Putra, P. (2019). Implementasi Sikap Disiplin Anak Di Lembaga Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Dalam Membentuk Pengembangan Moral. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(1), 35–44. https://doi.org/10.32678/primary.v11i01.1293

Sasanti, E. E., Animah, & Suryantara, A. B. (2022). Pelatihan Penyusunan Standar Operasional Prosedur pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1061-1072

Suardi I., W., dkk. (2019). Metode Penelitian Sosial. CV. Adi Karya Mandiri: Yogyakarta.

Sunarti, C., Wiwin, S., & Sumitra, A. (2018). Pembentukan Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini melalui Metode Montessori di TK Almarhamah Cimahi. Jurnal Ceria, 1(2), 47-57

Siti Noor Maulidiya. (2020). Penanaman Karakter Disiplin Anak Usia Dini di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Al-Ummah Banjarmsin. Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin.

Widiastuti, Ni Putu K. (2022). Instrument Penilaian Pembelajaran & Penelitian. Edited by Kurniawan, Budi, CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Wiyani, Ardy, N. (2018). Konsep Manajemen PAUD Berdaya Saing. As- Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 25-44

Wulandari, D. A., Saifuddin, & Muzakki, J. A. (2018). Implementassi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Mandiri pada Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19

Yunus, D., Rahmita, P. S., & Indrati, Y. (Eds.). (2015). Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Senayan, Jakarta Pusat.
Published
2023-07-24
How to Cite
Siregar, L. (2023). Menumbuhkan Sikap Disiplin Anak Melalui Standar Operasional Prosedur. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 74-83. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i1.851
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.