Pengembangan Kognitif Dengan Eksperimen Sederhana Permen Pelangi pada Anak Usia Dini
Abstract
Meningkatkan kualitas pada Pendidikan Anak Usia Dini, Anak menjadi termotivasi belajar apabila guru menjelaskan materi pembelajaran memakai metode atau cara yang menarik dan kreatif. Metode eksperimen adalah salah satu metode yang mempunyai tujuan meningkatkan kemampuan kognitif pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Eksperimen sederhana menggunakan media Permen ChaCha, air dan piring kecil metode eksperimen sederhana di taman kanak-kanak PGRI Sawoo. Hasil dari penelitian ini Efektivitas Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Eksperimen Sederhana 1). Pembelajaran aktif dan menyenangkan 2). Peningkatan daya tangkap dan pemahaman 3). Pengembangan keterampilan motorik 4). Pengenalan konsep ilmiah dasar 5). Stimulasi kreativitas dan imajinasi 6). Penguatan ikatan emosional dan sosial. Kendala kendala yang ditemukan dalam penelitian ini perhatian anak yang belum terlalu fokus dalam waktu yang lama, rasa kaingin tahuan berbeda beda, masih pada tahap pelatihan motorik, Keterbatasan bahasa anak usia dini.
References
Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.
Daracantika, A., Ainin, A., & Besral, B. (2021). Pengaruh negatif stunting terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan (BIKFOKES), 1(2), 124-134.
Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Kurniasih Eem., Lusi R., Ampuni, Dwi. 2016 . Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Menyongsong hidup berkualitas berbasis blanded learning. UT Semarang
Kurniawati, M., Arkam, R., & Lestari, E. (2022). Pengaruh Penerapan STEAM terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK Merak Ponorogo. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).
Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan" Perkembangan kognitif anak usia dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90.
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805.
Nurhafizah. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Jurnal Pendidikan : Early Childhood Nurhafizah Pendidikan Merupakan Proses, 2(2), 1-10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288
Pudja, G., & Maswinara, I. W. (2004). Bhagavad Gītā (Pañcamo Veda). Pāramita.
Sujiono, Y. N., Zainal, O. R., Rosmala, R., & Tampiomas, E. L. (2013). Hakikat Pengembangan Kognitif. Metod. Pengemb. Kogn, 1-35.
Sulyandari, Ari Kusuma. 2021. Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Bogor : Guepedia
Sumarsih, S., Nurmalina, N., & Astuti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna dengan Metode Eksperimen. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1), 72-77.
Suryana, Dadan. 2021. Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49-55.
Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13-22.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).