PERAN KELUARGA DALAM MENDIDIK ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anak usia dini dalam keluarga dalam situasi pandemi COVID-19; kendala yang dihadapi dalam mendidik anak usia dini dalam keluarga dalam situasi pandemi COVID-19; dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam mendidik anak usia dini dalam keluarga dalam situasi pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Subjek penelitian adalah orang tua PAUD sebagai informan yang berjumlah 20 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik penentuan informan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan dan wawancara. Data tersebut kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi, display, dan verifikasi. Penelitian ini mengungkap beberapa hal antara lain: pendidikan anak usia dini dalam keluarga dalam situasi pandemi COVID-19, antara lain perasaan orang tua saat menggantikan peran guru, kesiapan orang tua mendidik anak di masa pandemi COVID-19; dan peran orang tua dalam membantu anak belajar. Kendala yang dihadapi saat mendidik anak usia dini dalam keluarga dalam situasi pandemi COVID-19 adalah kebosanan anak, perbedaan gaya belajar anak, suasana belajar, fasilitas belajar dan kenyamanan belajar. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala saat mendidik anak usia dini dalam keluarga dalam situasi pandemi COVID-19 adalah orang tua harus lebih banyak belajar, memperhatikan kebiasaan belajar anak, menyiapkan fasilitas penunjang yang memadai, dan menciptakan suasana belajar yang nyaman.
Referensi
Ihsanuddin. 2020. 9 Kebijakan Ekonomi Jokowi di Tengah Pandemi Covid-19: Penangguhan Cicilan hingga Relaksasi Pajak. Tersedia pada: https://nasional.kompas.com/read/2020/03/26/07412441/9-kebijakan-ekonomi-jokowi-di-tengah-pandemi-covid-19-penangguhan-cicilan?page=all. Diakses pada: 17 Januari 2021.
Madyawati, L. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.
Mahartini, K.T. 2021. Strategi Pembelajaran untuk Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama, dan Budaya, 5 (1)
Musfiroh, T. dan Sri, T. 2015. Bermain dan Permainan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Nugraheny, D. E. 2020. Data Kependudukan 2020: Penduduk Indonesia 268.583.01 Jiwa. Tersedia pada: https://nasional.kompas.com/read/2020/08/12/15261351/data-kependudukan-2020-penduduk-indonesia-268583016-jiwa?page=all. Diakses pada 17 Januari 2021.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 2014. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sari, D.A, dkk. 2021. Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, “Di Rumah Saja”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1).
Slavin, B.E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.
Suyadi dan Maulidya, U. 2013. Konsep Dadar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Wiyani, N.A. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).