PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENYAMPAIAN MATERI GURU MELALUI MEDIA BELAJAR VIA DARING
Abstrak
Penelitian terkait peran orang tua dalam meningkatkan efektivitas penyampaian materi guru melalui media belajar via luring ini dilaksanakan dengan tujuan 1. Untuk memahami peran orang tua selama Covid-19, 2.Untuk mengatahui media dan sumber belajar selama Covid-19, 3.Untuk menganalisis peran orang tau dalam menyampaikan materi guru selama Covid-19. Pendemi Covid-19 membuat pemerintah harus melakukan beberapa kebijakan darurat salah satunya adalah Belajar Dari Rumah (BDR). Dalam kegiatan BDR ini, orang tua menjadi jembatan pengetahuan dari guru ke anak, sehingga orang tua berperan penting dalam pembelajaran via daring. Orang tua dan guru diharapkan memiliki komunikasi yang baik sehingga kegiatan belajar mengajar anak tidak terganggu dan dapat berjalan. Pemerintah diharapkan dapat memperhatikan kendala-kendala yang dialami oleh siswa, guru, dan orang tua.
Referensi
Hadiapurwa, A., Novian, R. M., & Harahap, N. (2021). Pemanfaatan Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Elektronik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Tingkat SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 36–48. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.38526
Lalu, KH Gede Muhammad Zainuddin Atsani. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Vol. 1 No. 1 (2020): Januari - Maret. Afni,
Nur dan Jumahie. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Vol. 12 No. 1 (2020). https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591
Lexy J. Moeleong. (2019). Metode Penelitian Kualitatf : Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Megawangi, Ratna. (2004). Pendidikan Karakter.Jakarta: Indonesia Heritage Fondation.
Muri’ah Siti. (2011). Nilai-nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karier. Semarang: RASAIL Media Group
Saleh, Abdurahman, dkk. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Sari, Ajeli A.P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Bengkulu: Institut Agama Islamnegeri (IAIN) Bengkulu.
Sudaryono, (2014). Educational Research Methodology. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendikia
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitati Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sutarjo Adisusilo, J.R. (2012). Pembelajaran Nilai-nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta Pusat:Rajawali pers.
Valeza, A. S. (2017). Peran orang tua dalam meningkatkan Prestasi anak di perum tanjung raya permai kelurahan pematang wangi kecamatan tanjung senang bandar lampung. Skripsi, 106. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2331 https://www.amongguru.com/media-pembelajaran-daring-online-program-belajar-dari-rumah/
Fathonah, U., & Bukhori, H. A. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jerman Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1152–1160. Retrieved from https://id-theasianparent-com.cdn.ampproject.org/v/s/id.theasianparent.com/peran-orangtua-belajardaring/amp?amp_js_v=a6&_gsa=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#aoh=16405678865395&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf=Dari%20%251%24s&share=https%3A%2F%2Fid.theasianparent.com%2Fperan-orangtua-belajar-daring
Islamay,Elsya. (2021). https://www. gramedia. com/literasi/jenis-jenis-penelitian/
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).