IMPLEMENTASI METODE KOLASE DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI
Abstrak
Meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini, guru harus memiliki kreatifitas yang tinggi dalam menyampaikan materi dengan menggunakan metode yang membuat anak termotivasi untuk belajar. Salah sataunya dengan metode kolase yang memiliki tujuan meningkatkan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriftif dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi, Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Metode kolase yang diterapkan di Taman Kanak-Kanak Cahaya Ananda mengunakan berbagai media seperti kertas, biji-bijian, kapas.
Referensi
Ida Bagus Alit Arta Wiguna, K. A. T. R. D. (2020). Strategi Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Etika Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 210–220. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v6i2.1449
Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 35.
Nursalam. (2005). Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Anak Usia Dini. Jakarta Uiversitas Terbuka.
Wiguna, I. B. A. A., & Ekaningtyas, N. L. D. (2021). STRATEGI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DARING DI RUMAH. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 86–95.
Wiguna, I. (2020). POLA ASUH DALAM PENUMBUHKEMBANGAN KARAKTER TOLERANSI ANAK USIA DINI DILINGKUNGAN MINORITAS. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah.
Wiguna, I. B. A. A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah PAUD Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 1(1), 221–233.
Zaenab, S., & Sueca, I. N. (2019). MENCERDASKAN ANAK BANGSA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. PRATAMA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 3(1).
Zaenab, S. (2015). Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing:(Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi. Deepublish.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).