IMPLEMENTASI METODE KOLASE DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI

  • Made Suseni Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ni Made Arini Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ni Putu Sasmika Dewi Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Abstrak

Meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini, guru harus memiliki kreatifitas yang tinggi dalam menyampaikan materi dengan menggunakan metode yang membuat anak termotivasi untuk belajar. Salah sataunya dengan metode kolase yang memiliki tujuan meningkatkan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriftif dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi, Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Metode kolase yang diterapkan di Taman Kanak-Kanak Cahaya Ananda mengunakan berbagai media seperti kertas, biji-bijian, kapas. 

Referensi

Kurikulum dan Hasil Belajar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Pusat Kurikulum (2008).

Ida Bagus Alit Arta Wiguna, K. A. T. R. D. (2020). Strategi Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Etika Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 210–220. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v6i2.1449

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 35.

Nursalam. (2005). Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Anak Usia Dini. Jakarta Uiversitas Terbuka.

Wiguna, I. B. A. A., & Ekaningtyas, N. L. D. (2021). STRATEGI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DARING DI RUMAH. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 86–95.

Wiguna, I. (2020). POLA ASUH DALAM PENUMBUHKEMBANGAN KARAKTER TOLERANSI ANAK USIA DINI DILINGKUNGAN MINORITAS. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah.

Wiguna, I. B. A. A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah PAUD Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 1(1), 221–233.

Zaenab, S., & Sueca, I. N. (2019). MENCERDASKAN ANAK BANGSA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. PRATAMA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 3(1).

Zaenab, S. (2015). Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing:(Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi. Deepublish.
Diterbitkan
2021-07-25
##submission.howToCite##
Suseni, M., Arini, N. M., & Sasmika Dewi, N. P. (2021). IMPLEMENTASI METODE KOLASE DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-8. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.264
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##