STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

  • I Putu Yoga Purandina Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
Kata Kunci: Interpersonal Communication Strategy, Teacher, Remote Teaching

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam pembelajaran jarak jauh pada saat Pandemi COVID-19 di Taman Kanak-kanak Tunas Mekar Desa Tegaljadi dan untuk mengetahui hambatan yang ditemukan dalam penerapan strategi komunikasi interpersonal oleh guru selama Pandemi di Desa Tunas Mekar Tegaljadi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara kepada guru dan orang tua. Adapun hasilnya, pertama, ada tiga strategi komunikasi interpersonal yang digunakan guru dalam remote teaching saat Pandimic COVID-19 di TK Tunas Mekar; 1) Komunikasi sebagai Tindakan atau Komunikasi Satu Arah, 2) Komunikasi sebagai Interaksi atau Komunikasi Dua Arah, dan 3) Komunikasi Banyak-Arah atau Komunikasi Transaksi. Kedua, terdapat beberapa kendala yang ditemukan dalam penerapan strategi komunikasi tersebut yang paling mendasar adalah respon atau feedback yang lambat dari siswa dan orang tua, anak cepat bosan atau kehilangan fokus, dan masalah teknis terkait jaringan internet.

Referensi

Ahmad. (2020). Analisis Deskriptif Komunikasi Interpersonal Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jurnal Sultra Anak Bangsa Kajian Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, 53(9), 1689–1699.

Aprian, D. (2020). Bali Terapkan Jam Malam Menjelang Pergantian Tahun Selama 4 Hari. Kompas.Com.

Asgarwijaya, D. (2015). STRATEGI KOMUNIKASIINTERPERSONALANTARA GURU DAN MURID PAUD (Studi Deskriptif Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Murid PAUD Tunas Bahari Dalam Kegiatan Belajar Mengajar).
E-Proceeding of Management, 2(1), 1008.

Basar, A. M., Islam, P. A., Nurul, S., Cikarang, F., & Bekasi, B. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi ) A . Pendahuluan kemampuan , sikap , dan bentuk-bentuk tingkah laku yang bernilai positif . Hal itu untuk pencipta . Pendidikan s. 2(1), 208–218.

Bramasta, D. B. (2020). Mengenal Apa Itu New Normal di Tengah Pandemi Corona... Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mengenal Apa Itu New Normal di Tengah Pandemi Corona...” Kompas.Com.

Cetinkaya, L. (2017). International Review of Research in Open and Distributed Learning The Impact of Whatsapp Use on Success in Education Process. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 18(7), 1–8.

Connelly, L. M. (2016). Trustworthiness in qualitative research. MedSurg Nursing, 25(6), 435+.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. C. (2017). Reseach Design; Qualitative, Quantitative, Mix Methodes Approaches (1st ed.). SAGE Publications Inc.

Dinas Kesehatan Provinsi Bali. (2020). Bali Waspada Virus Corona. Diskes.Baliprov.Go.Id.

Gitiyarko, V. (2020). Upaya dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Menangani Pandemi Covid-19. Kompas.Com.

Hakim, L. (2020). Disiplin 3M, Kunci Utama Tekan Penularan Covid-19. Kementerian Komunikasi Dan Informastika Republik Indonesia.

Hapsurani, F. Y., Fitriawan, R. A., & Aprianti, A. (2018). PENERAPAN BINA BICARA DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA TUNARUNGU SLB-B SUKAPURA KIARACONDONG. 5(1), 1349–1358.

Ida Bagus Alit Arta Wiguna. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah PAUD Di Masa Pandemi Covid-19. 221–233. https://doi.org/https://doi.org/10.33363/sn.v0i1.63

Ida Bagus Alit Arta Wiguna, K. A. T. R. D. (2020). Strategi Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Etika Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 210–220. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v6i2.1449

Irwansyah, R., Darmayani, S., Mastikawati, M., Saputro, A. N. C., Wihartanti, L. V., Fauzi, A., Arifudin, O., Purandina, I. P. Y., Latifah, E. D., Septiyani, T., Pangestika, R. R., Fatayah, F., Ayuningtyas, P., Lemba, V. C., & Hartono, R. (2021). PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK . In Widina Bhakti Persada Bandung. Widina Bhakti Persada Bandung.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (2020). KEBIJAKAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA TERKAIT WABAH COVID-19. Kemlu.Go.Id.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pemerintah Daerah Diberikan Kewenangan Penuh Tentukan Izin Pembelajaran Tatap Muka.

Komariah, S., & Purwati, N. (2019). KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TK AL_AZZAM DESA KANANGA KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA. Komunikasi Dan Kebudayaan, 6(April), 57–67.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Nurhayati. (2020). KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. Mutakkalimin Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 23–27. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jab.v1i1.20

Pontoh, W. P. (2013). PERANAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK. Acta Diurna, I(I), 1–11.

Purandina, I. P. Y. (2020a). ‘PLUS-MINUS’PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS SELAMA PANDEMI COVID-19. In M. Yusuf (Ed.), Pengalaman Pembelajaran Bahasa Inggris Daring di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19 (p. 153). Deepublish.

Purandina, I. P. Y. (2020b). Pendidikan Karakter Tumbuh Subur di Lingkungan Keluarga selama Pandemi COVID-19. In COVID-19: Perspektif Pendidikan (pp. 99–114). Yayasan Kita Menulis.

Purandina, I. P. Y. (2020c). THE USE OF ENGLISH CLASSROOM GREETING AND CHARACTER BUILDING IN TK PELITA SARI DESA MAMBANG TABANAN. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, 8(2), 12–19. https://doi.org/10.23887/jpbi.v8i2.3495

Purandina, I. P. Y. (2021). Whatsapp Sebagai Solusi Keterbatasan Guru Dengan Anak Didik Pada Saat Pandemi Covid-19 Di TK Tunas Mekar Desa Tegaljadi. Widyacarya Jurnal Pendidikan, Agama & Budaya, 5(1), 1–11.

Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020a). Berkarakter dalam Literasi Digital : Menjaga Kedamaian Umat di Era Digital. 1–18.

Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020b). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Putro, K. dkk. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Jurnal of Islamic Education, 1(1), 124–140.

Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Elementary School, 28(2), 1–43.

Roulston, K. (2018). Triangulation in qualitative research. QualPage.

Saxena, S. K. (2020). Coronavirus Diseas 2019 (COVID-19): Epidemoogy, Pathogenis, Diagnosis, and Therapeutics.

Soleha, A. R. (2020). Kondisi UMKM Masa Pandemi Covid-19 Pada Pertumbuhan Ekonomi Krisis Serta Program Pemulihan Ekonomi Nasional. Jurnal Ekombis, 6(2), 165–178.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Afabeta.

Syaharudin, S. (2020). Pembelajaran Masa Pandemi: dari Konvenstional ke Daring. E-Print.Ulm.Ac.Id.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.

Wiguna, I. B. A. A., & Ekaningtyas, N. L. D. (2021). STRATEGI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK USIA DINI BELAJAR DARING DI RUMAH. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 86–95.
Diterbitkan
2021-07-25
##submission.howToCite##
Purandina, I. P. Y. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-35. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.259
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##