Kemampuan Membaca Anak Menggunakan Permainan Ular Tangga Kata di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang

  • Fina Syahputri Universitas Negeri Padang
  • Yulsyofriend Yulsyofriend Universitas Negeri Padang

Abstrak

Peeneelietiean ienie masieh teerdapatnya anak yang meengalamie keesulietan dalam meembaca die Taman Kanak-Kanak Keemala Bhayangkarie 1 Padang. Peeneelietiean ienie beertujuan adalah untuk meengeetahuie bagaiemana peengaruh peermaienan ular tangga kata teerhadap keemampuan meembaca anak die TK Keemala Bhayangkarie 1 Padang. Jeenies peeneelietiean ienie meenggabungkan meetodeelogie eekspeeriemeen seemu deengan peendeekatan kuantietatief. Peeneelietiean ienie dielakukan die TK Keemala Bhayangkarie 1 Padang. Seeluruh anak die TK Keemala Bhayangkarie 1 Padang diejadiekan populasie peeneelietiean, dan 10 anak pada masieng-masieng keelompok B2 dan B3, yang beerfungsie seebagaie keelas kontrol dan keelas eekspeeriemeen diejadiekan sampeel. Tees liesan adalah meetodee peeneelietie gunakan untuk meengumpulkan data. Ujie normalietas, ujie homogeenietas, dan ujie hiepoteesies meerupakan teekniek analiesies data yang diegunakan. Analiesies data meenunjukkan bahwa rata-rata skor pree-teest keelompok eekspeeriemeen adalah 16,2 dan skor post-teest adalah 18,2. Hasiel pree-teestrata-rata keelas kontrol adalah 14,7 dan hasiel post-teest adalah 15,6. Kumpulan data akhier beersiefat homogeen dan teerseebar seecara teeratur. Beerdasarkan hasiel ujie hiepoteesies meenunjukkan nielaie sieg (2-talieeed) seebeesar 0,020 < 0,05 maka dapat diesiempulkan bahwa peermaienan ular tangga kata teerhadap keemampuan meembaca anak die TK Keemala Bhayangkarie 1 Padang.

Referensi

Anggraienie, V & Prieyanto, A. (2019). Stiemlullasie Keeteeramlpielan MLeenyiemlak Tahap Peerkeemlbangan Anak ULsiea Dienie. Rauldhatull Athfal : Julrnal Peendiediekan Ieslaml Anak ULsiea Dienie. 3 (1).
Aguls N. Cahyono. (2011) Gamlee Khulsuls Peenyeeiemlbangan otak Kanan dan Kierie Anak. Yogyakarta : Flashbooks.
Anggraienie, Vievie dkk. (2022). Bahasa Anak ULsiea Dienie. Padang:PACEe.
Dhieeenie, Nulrbieana. (2011). MLateerie Pokok Peengeemlbangan Bahasa. Jakarta: ULnieveersietas Teerbulka.
Domlan, Glann. (2006). How To Teach Youlr Baby To Read (Bagaimlana MLengajarkan Bayi Anda MLemlbaca Samlbil Bermlain). Now Yord: Cataloging in Pulblication Data.
Fahrulrrozi. (2016). Pemlbelajaran MLemlbaca Pemlulla. PGSD, Julrnal Ilmliah PGSD Vol. X No 2.
Fransiesca, R., Wullan, S., & Sulpeena, A. (2020). MLeeniengkatkan Peercaya Dierie Anak deengan Peermlaienan ULlar Tangga Eedulkasie. Julrnal Obseesie : Julrnal Peendiediekan Anak ULsiea Dienie, 4 (2),630-638.
Kulrniawati, Rindha . (2014). MLeningkatkan Kemlamlpulan Berhitulng Dengan Permlanan ULlar Tangga Pada Anak Kelomlpo B TK Yulnior Sulrabaya. Julrnal Pendidikan Anak ULsia Dini Hal 1-12.
MLullyasa. (2014). MLanajeemleen Peendiediekan ANak ULsiea Dienie. Bandulng: Reemlaja Rosdakarya.
Oktavieanie, D., & Kamltienie. (2017). Peengarulh Peenggulnaan MLeediea Auldieo Viesulal Teerhadap Keemlamlpulan MLeemlbaca Peemlulla Anak ULsiea 5-6 Tahuln die TK Salsa. Julrnal Bulnga Ramlpaie ULsiea Eemlas. 3(1): 26-39.
Patieulng, Dahliea. (2019). MLeemlbaca Seebagaie Sulmlbeer Peengeemlbangan Ienteeleektulal. Julrnal Al-daullah. 5(2).
Peeratulran MLeenteerie Peendiediekan dan Keebuldayaan Reepulbliek Iendoneesiea Nomlor 137 Tahuln 2014.
Pertiwi, Adharimla, Dian. (2006). Stuldy Deskriptif Proses MLemlbaca Pemlulla Anak ULsia Dini. Julrnal Pendidikan, Vol.v Edisi 1.
Pultrie, C, F., & Zullmlienieatie,Z. (2020). Keemlamlpulan keerjasamla Anak ULsiea 5-6 Tahuln. Julrnal Peendiediekan Tamlbulsaie, 4(3), 3038-3044.
Sulardie,dkk. (2019). Peemleeroleehan Bahasa Peertamla Anak ULsiea Dienie. Julrnal Peendiediekan Anak ULsiea Dienie, 3(1): 265-273.
Suljieono, Yullieanie Nulranie. (2009). Konseep Dasar Peendiediekan Anak ULsiea Dienie. Jakarta: PT. Iendeeks.
Sulryana , D. (2018). Stiemlullasie & Aspeek Peerkeemlbangan Anak. Jakarta : Preenadamleediea.
Sulsanto, Ahmlad. (2017). Peendiediekan Anak ULsiea Dienie (Konseep dan Teeorie). Jakarta : Bulmlie Aksara.
Tomlpkins, Gael, F. (2006) Literacy for the 21st Centulre a Balance Approach. Firth Edition. Boston Amlerika Serikat: Allynand Bacon.

Wienartie, W,. & Sulryana, D. (2020). Peengarulh Peermlaienan Pulppeet Fuln Teerhadap Keemlamlpulan MLeemlbaca Anak ULsiea DIenie. Julrnal Obseesie : Julrnal Peendiediekan Anak ULsiea Dienie, 4(2), 873-882.
Yullsyofrieeend. (2013). Peermlaienan MLeemlbaca dan MLeenullies Anak ULsiea Dienie. Padang : Sulkadiena Preess.
Yulvitasari, Intan. (2015). Peningkatan Kemlamlpulan MLengenal Kata MLelaluli MLetode Permlainan ULlar Tangga Kata Pada Anak Kelomlpok A TK Sinar MLelati Sariharjo Ngaglik Slemlan Yogyakarta. Julrnal Pendidikan Anak ULsia Dini Edisi 2.
Diterbitkan
2024-07-31
##submission.howToCite##
Syahputri, F., & Yulsyofriend, Y. (2024). Kemampuan Membaca Anak Menggunakan Permainan Ular Tangga Kata di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 1 Padang. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 51-63. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/kumarottama.v4i1.1893
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##