Aplikasi Pengenalan Alat Transportasi Berbasis Android Untuk Mengoptimalkan Stimulasi Aspek Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun
Abstrak
Aplikasi pengenalan alat transportasi berbasis android untuk mengoptimalkan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun yang diciptakan oleh tiga mahasiswa prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Indonesia. Peneletian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) melalui enam alur penelitian. Aplikasi ini layak digunakan oleh anak yang telah divalidasi oleh ahli media dan materi. Aplikasi ini telah diuji coba pada PAUD Az-zahra Kota Pandeglang. Hasil dari uji coba sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi yaitu dapat meningkatkan ketelitian, mengembangkan Kemampuan berpikir kritis anak dan kemampuan memecahkan masalah, membedakan jenis barang yang berbeda, dan mengembangkan kecerdasan emosionalnya. Selain itu, aplikasi ini ramah pengguna, dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar anak, mendorong kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada anak dan relevan digunakan sebagai alat bantu mengajar di PAUD Az-zahra Kota Pandeglang.
Referensi
Andari, I. A. M. Y., & Wiguna, I. B. A. A. (2022). THE ACQUISITION OF ENGLISH VOCABULARY BY KINDERGARTEN STUDENTS THROUGH CHILDREN SONGS. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 84-97.
Andari, I. A. M. Y., Utari, N. M. D., Atika, N. M. F., Wardani, N. P. A., & Swarikanti, I. A. P. (2022). Pedampingan Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.53977/sjpkm.v1i2.787
Andari, I. A. M. Y., & Widyasari, I. A. P. G. (2022). Pendampingan Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01). https://doi.org/10.53977/sjpkm.v1i01.623
Andari, I. A. M. Y., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Pembelajaran Komunikasi Politik Menyambut Pemilihan Umum Serentak di Indonesia. Sadharananikarana: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu, 5(1). https://doi.org/10.53977/sadharananikarana.v5i1.955
Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261.
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68.
Fuady, A. H. (2019). Teknologi digital dan ketimpangan ekonomi di Indonesia. Masyarakat Indonesia, 44(1), 75–88.
Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98
IAMY Andari, IBAA Wiguna, N. A. (2022). The Use Of Flashcards Teaching Strategy In Recalling English Vocabulary. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 1(1), 4–13.
Manurung, A. A., & Simanjuntak, J. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santa Lusia Batang Kuis Kecamatan Percut Sei Tuan Kota Medan T . A 2018 / 2019. Jurnal Usia Dini, 5(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jud.v5i2.16196
Mustari, M. (2023). Teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen pendidikan. Sunan Gunung Djati Publishing.
Nurkholis. (2013a). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Nurkholis, N. (2013b). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Nurlaela, E., & Nuraeni, L. (2021). Permainan Maze Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(2), 114–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/ceria.v4i2.p%25p
Pustikayasa, I. M., Permana, I., Kadir, F., Zebua, R. S. Y., Karuru, P., Husnita, L., Pinatih, N. P. S., Indrawati, S. W., Nindiati, D. S., & Yulaini, E. (2023). TRANSFORMASI PENDIDIKAN: Panduan Praktis Teknologi di Ruang Belajar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Salsabila, U. H., Putri, V. A., Cahyani, P., Annisa, A., & Yuliatin, A. T. (2021). Upaya dalam Memajukan Teknologi Pendidikan Indonesia. NUSANTARA, 3(3), 442–458. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i3.1509
Siahaan, S. M. (2012). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 13–20.
Sudarsana, I. K., Dewi, N. L. P. S. S., Sukarmiasih, N. P., Resna, I. K., Arini, I. A. M. P., Restiti, N. W., Suryawan, I. W., & Limbong, T. (2018). Paradigma Pedidikan Bermutu Berbasis Teknologi Pendidikan. Jayapangus Press Books.
Sudarsana, I. K., Seri Setia Dewi, N. L. P., Sukarmiasih, N. P., Resna, I. K., Putri Arini, I. A. M., Restiti, N. W., Suryawan, I. W., & Limbong, T. (2018). PARADIGMA PEDIDIKAN BERMUTU BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Jayapangus Press Books.
Sumini, N. K., & Andari, I. A. M. Y. (2023). Gerakan Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Outdoor Learning Activity. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i1.925
Wiguna, I. B. A. A. (2021). PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4434
Wiguna, I. B. A. A. (2022). Pelatihan Praktik Yoga Asana Untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Dan Motorik Anak Usia Dini. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 109–118.
Wiguna, Ida Bagus Alit Arta ; Dewi, K. A. T. R. (2020). Strategi Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Etika Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 210–220. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v6i2.1449
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).