STRATEGI LOMBOK TV DALAM EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL DI MATARAM
Abstract
Lombok TV meraih pencapaian penghargaan dan perpanjangan durasi jam siar, maka dari itu Lombok TV harus memiliki strategi yang tepat agar bisa terus bertahan. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif menunjukkan, strategi Lombok TV di mataram, meliputi pelaksanaan strategi program (perencanaan secara matang, memproduksi program dibutuhkan penonton, dekat dengan masyarakat, penyesuaian program pada moment tertentu, bekerja sama dengan pihak ketiga, penayangan program sesuai kebiasaan masyarakat, kontinuitas penayangan, dan peningkatan kualitas program); Pelaksanaan strategi menarik audien (Segmentasi audien dan Positioning); Pelaksanaan strategi marketing (meyakinkan pemasang iklan, memanfaatkan waktu siaran, kerja sama manajemen, dan promosi program); dan pelaksanaan strategi sumber daya manusia (perekrutan karyawan berbakat, kesempatan karyawan menyampaikan pendapat, memberikan reward dan punishment, pelatihan untuk meningkatkan skill, dan menciptakan lingkungan kerja yang baik). Sedangkan untuk kendala yang dihadapi Lombok TV: terbatasnya SDM bidang broadcasting, bencana alam dan kendala marketing.
References
Djamal dan Andi Fachruddin. (2011). Dasar-Dasar Penyiaran. Jakarta : Kencana Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Morissan. ( 2009). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio Dan Televisi. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ardiyanti, Handrini. 2011 Konsep dan Regulasi TV Lokal dalam Kerangka Penguatan Budaya Lokal.
RINOWATI NA, R. N. (2012). EKSISTENSI TELEVISI LOKAL (Kasus: Eksistensi
TVKU Dalam Kompetisi Industri Penyiaran) (Doctoral dissertation, Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP).
Upi Destiana Suganda. 2018. Strategi Dumai Vision dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal Di Kota Dumai. Universitas Riau
Prasetiya, L. Juni Andi. 2011. Kompetisi Surat Kabar Lokal Berdasarkan Tingkat Kepuasan Biro Iklan Pada Layanan Jasa Media Surat Kabar, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya
Ernis Suryani Taufli. 2014. Strategi Padang TV dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal. Universitas Andalas Padang
Wahyuni, Novia Azalea. 2018. Strategi Sriwijaya TV dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).