STRATEGI LOMBOK TV DALAM EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL DI MATARAM

  • I Made Putra Suryantara Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas 45 Mataram
  • Fatmah Hariani Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas 45 Mataram
  • Lalu Ahmad Rahmat Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas 45 Mataram
Keywords: Eksistensi Televisi; Televisi Lokal Dan Global

Abstract

Lombok TV meraih pencapaian penghargaan dan perpanjangan durasi jam siar, maka dari itu Lombok TV harus memiliki strategi yang tepat agar bisa terus bertahan. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif menunjukkan, strategi Lombok TV di mataram, meliputi pelaksanaan strategi program (perencanaan secara matang, memproduksi program dibutuhkan penonton, dekat dengan masyarakat, penyesuaian program pada moment tertentu, bekerja sama dengan pihak ketiga, penayangan program sesuai kebiasaan masyarakat, kontinuitas penayangan, dan peningkatan kualitas program); Pelaksanaan strategi menarik audien (Segmentasi audien dan Positioning); Pelaksanaan strategi marketing (meyakinkan pemasang iklan, memanfaatkan waktu siaran, kerja sama manajemen, dan promosi program); dan pelaksanaan strategi sumber daya manusia (perekrutan karyawan berbakat, kesempatan karyawan menyampaikan pendapat, memberikan reward dan punishment, pelatihan untuk meningkatkan skill, dan menciptakan lingkungan kerja yang baik). Sedangkan untuk kendala yang dihadapi Lombok TV: terbatasnya SDM bidang broadcasting, bencana alam dan kendala marketing.

References

Badjuri, Adi. (2010). Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Djamal dan Andi Fachruddin. (2011). Dasar-Dasar Penyiaran. Jakarta : Kencana Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Morissan. ( 2009). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio Dan Televisi. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ardiyanti, Handrini. 2011 Konsep dan Regulasi TV Lokal dalam Kerangka Penguatan Budaya Lokal.
RINOWATI NA, R. N. (2012). EKSISTENSI TELEVISI LOKAL (Kasus: Eksistensi
TVKU Dalam Kompetisi Industri Penyiaran) (Doctoral dissertation, Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP).
Upi Destiana Suganda. 2018. Strategi Dumai Vision dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal Di Kota Dumai. Universitas Riau
Prasetiya, L. Juni Andi. 2011. Kompetisi Surat Kabar Lokal Berdasarkan Tingkat Kepuasan Biro Iklan Pada Layanan Jasa Media Surat Kabar, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya
Ernis Suryani Taufli. 2014. Strategi Padang TV dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal. Universitas Andalas Padang
Wahyuni, Novia Azalea. 2018. Strategi Sriwijaya TV dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Televisi Lokal. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Published
2022-05-30
How to Cite
Suryantara, I. M., Hariani, F., & Rahmat, L. (2022). STRATEGI LOMBOK TV DALAM EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL DI MATARAM. Widya Sandhi, 13(1), 51-59. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/ws.v13i1.512
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.