Pengaruh Daya Dukung Orang Tua Siswa Terhadap Perolehan Hasil Belajar Siswa pada Mata Ujian Nasional

  • I Ketut Wiriawan STKIP Agama Hindu Amlapura

Abstrak

Pengkajian atas factor factor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sangat penting dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Rendahnya perolehan hasil belajar siswa menjadi kerangka berfikir untuk melakukan penelitian. Daya dukung orang tua siswa merupakan faktor yang memperoleh perhatian berbagai pihak. Dari serangkaian proses yang dilakukan, daya dukung orang tua siswa di titik beratkan pada faktor kepedulian orang tua, menghargai pendapaat peserta didik oleh orang tua, pemberian kasih sayang, dukungan materiil, dukungan motivasi serta kemampuan orang tua peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif rancangan ex-post facto dengan metode survey menggunakan teknik korelasional. Hasil analisis dengan uji prasyarat analisis adalah: (1) Data berdistribusi normal, (2) data bersifat linier yang ditunjukan oleh linieritas antara variabel daya dukung orang tua siswa terhadap data perolehan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya pengaruh daya dukung orang tua siswa sebesar 24,60 %, ini berarti orang tua siswa hendaknya memposisikan diri sebagai pendamping dan motivator peserta didik secara pro aktif, konstanta 24, 60 % yang merupakan angka yang tergolong cukup efektif berpengaruh hendaknya menjadi perhatian yang serius bagi orang tua siswa. Ini menunjukan besarnya pengaruh orang tua terhadap keberhasilan peserta didik dalam pencapaiaan hasil belajar

Referensi

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran : Ar- Ruzz Media
Bryson John M, 1995. Strategic Planning For Public and Non Profit Organizations : HB Printing.
Crain William, 2007. Teori Perkembangan Konsep Dasar Dan Aplikasi : Pustaka Pelajar.
Depdiknas, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22Tahun 2006 tentang standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas
Danim Sudarwan, 2003. Menjadi Komunitas Pebelajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah , direktorat pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2009 : Materi Diklat
/Bimtek KTSP SMA: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik Oemar, 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi,
Ratna Wilis Dahar, 1996. Teori Teori Belajar, Jakarta: Erlangga
Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana Nana dan Ibrahim, 2001 Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung:sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, 2010. Statistika Untuk Penelitian.Alfabeta Bandung.
Suharsimi Arikunto, Cepi Abdul Jabar, 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Surya Muhhamad, 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta:Prestasi Pustaka
Wina Sanjaya, 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group
Zainun B, 1981. Manajemen dan Organisasi. Jakarta: Balai Pustaka
Diterbitkan
2020-05-11
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##