Integrasi Kearifan Lokal pada Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik di sekolah Dasar

  • I Nyoman Sueca

Abstract

Mengingat negara Indonesia sebagai negara dengan beragam budaya memiliki pekerjaan yang besar, diantaranya adalah meregenerasikan warisan nilai-nilai budaya bangsa kepada generasi mendatang.Nilai-nilai budaya bangsa secara spesifik berasal dari kearifan lokal masing-masing daerah yang terbingkai dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika.
Indonesia sebagai bangsa multikultural yang kaya akan berbagai kearifan lokal. Kearifan lokal setiap daerah memiliki spesifik dan pendekatan yang berbeda. Beberapa kearifan lokal sangat tepat dikenalkan dan ditanamkan melalui pendidikan. Pendidikan dengan tujuan dan kompetensi yang jelas untuk setiap mata pelajaran dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai kearifan lokal, yang sesuai agar tujuan pembelajaran mudah dicapai serta kearifan lokal dapat terus diwariskan kepada generasi berikutnya.
Integarasi kearipan lokal dalam pendidikan sangat penting dalam membangun budaya kehidupan. Membangun budaya kehidupan bagi peserta didik yang berperan penting adalah guru, dimana guru memberikan pengaruh sangat besar terhadap keberhasilan pendidikan karakter disekolah-sekolah, dan dirumah dapat dilakukan oleh kedua orang tuanya, bahkan sangat menentukan berhasil atau tidaknya peserta didik dalam mengemban pribadi secara utuh.

Published
2018-07-28
How to Cite
Sueca, I. N. (2018). Integrasi Kearifan Lokal pada Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik di sekolah Dasar. Jurnal Hukum Agama Hindu Widya Kerta, 1(1). Retrieved from https://www.e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/WK/article/view/62
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.