Optimalisasi Perencanaan Pembelajaran Seni Budaya: Langkah-Langkah Efektif bagi Guru

  • Desak Nyoman Sukreni Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Nengah Pandu Dwi Laksana Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Nyoman Yoga Artana Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ida Bagus Alit Arta Wiguna Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah efektif dalam optimalisasi perencanaan pembelajaran seni budaya di SMK Negeri 5 Mataram dan tantangan yang dihadapi oleh guru dalam implementasinya. Melalui pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang relevan dengan karakteristik siswa menjadi langkah awal yang penting, namun masih kurang memperhatikan diferensiasi pembelajaran untuk siswa dengan minat rendah terhadap seni budaya. Metode discovery learning, meskipun efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, menghadapi tantangan terkait ketersediaan sarana dan prasarana yang terbatas. Selain itu, kendala siswa yang merasa salah jurusan menjadi hambatan utama dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Untuk itu, optimalisasi perencanaan pembelajaran memerlukan pendekatan yang lebih fleksibel dan kolaboratif antara guru, siswa, dan pihak sekolah. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model perencanaan pembelajaran seni budaya yang lebih inovatif dan efektif, dengan mengedepankan diferensiasi dan pemanfaatan teknologi serta media yang lebih bervariasi.

Diterbitkan
2024-11-21
Bagian
Articles