Kendang Beleq : Navigasi Etnopedagogis Untuk Memahami Kultural Dalam Pendidikan

  • I Made Ardika Yasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha

Abstrak

Artikel ini mengeksplorasi seni budaya Kendang Beleq  sebagai navigasi etnopedagogis untuk memahami kultural dalam pendidikan Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi untuk memperkaya pemahaman budaya masyarakat indonesia khususnya pulau lombok dalam mengintegrasikan seni budaya Kendang Beleq  dalam proses pelaksanaan pendidikan. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan untuk mendalami dampak integrasi Kendang Beleq  dalam pendidikan. Informan Kunci dan Informan penelitian mencakup siswa, guru, dan anggota komunitas lokal yang terlibat dalam pembelajaran Kendang Beleq. Penggunaan instrumen pengumpulan data seperti wawancara mendalam, survei, dan observasi memastikan variasi data dan mewakili perspektif yang berbeda. Dengan pendekatan studi kasus dan metode kualitatif, penelitian menunjukkan dampak positif dalam pengembangan keterampilan siswa dan peningkatan kesadaran budaya. Pemberdayaan komunitas lokal melalui keterlibatan Kendang Beleq  juga ditekankan. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi praktis untuk pengembangan lebih lanjut, menawarkan kontribusi signifikan dalam memahami peran Kendang Beleq  dalam membuka jendela pemahaman kultural melalui etnopedagogi dalam pendidikan.

Diterbitkan
2024-05-31
Bagian
Articles