FAKTOR PENENTU KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA MATARAM

  • I Putu Agus Agus Wiradana Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ni Nyoman Satya Widari Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • Ni Nyoman Suli Asmara Yanti Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Abstract

Traffic on the Internet. This suggests the presence of community or drivers of
consumer choice for online products. This way we can get interesting research
on price, service quality, corporate image and word of mouth. This stujdy try to
determine the influence of factors influencing consumers' online choices. The
sampling in this research adopts intentional sampling technique, that is, the
technique of determining samples according to certain standards. Criteria are
males and females aged 19-50 who are college students, students and employees
of Mataram City and have used Gojek or Grab app services. The Data
collection techniques using questionnaires. The data analysis tool used is IBM
SPSS Statistics 24. Result show that price, service quality, corporate image,
and word of mouth components significantly effects consumers' online
decision-making.

References

Arianto, N. 2019. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan. kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 44-54.

Babin, J. B. 2005. Modelling Consumer satisfaction and word-of-mouth: restaurant patronage in Korea. Journal of Service Marketing, 19, 133-139.

Brunner. 2008. “Satisfaction Image and Loyalty: New versus expereienced customers” Europan Journal Marketing. Vol. 42No.9/10 2008. Pp. 1095-1105.

Ferdinand, A. 2000. Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategik, Research Paper Series, BP. UNDIP.

Finanda, I. R. 2017. Pengaruh word of mouth dan brand image terhadap keputusan penggunaan salon kecantikan pada konsumen Miloff Beauty Bar. E-Journal Widya Ekonomika, 177756.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hafidz, I. 2018. Pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam memilih GrabBike di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Harfika, J., dan Abdullah, N. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance, XIV(1), 44–56.

Kotler, P and Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P and Keller, L. K. 2016. Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E), vol. 15E, no. 4.

Kristiani, L. E. 2020. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan jasa transportasi online GrabBike. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 169-187.

Muliawan. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus, Yogyakarta: Gava Media.

Natalia, K. V. 2018. Analisis Perbandingan Persepsi Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Konsumen Gojek dan Grab. Repository Universitas Sabata Dharma. Yogyakarta.

Oktaviani, C. D. 2019. Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Konsumen Pengguna Layanan Go-Jek dan Grab (Studi Kasus pada Konsumen Pengguna Layanan Go-Jek dan Grab di Purwokerto) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Parasuraman, A. 2013. The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey : Prentince Hall. Priyatno, D. 2008. Mandiri Belajar SPSS-Bagi Mahasiswa dan Umum, Yogyakarta: MediaKom.

Rahmatullah, H. Z. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Word of Mouth (WOM) Melalui Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada Wisata Waterboom Situbondo.

Renald, K. 2010. Citra Perusahaan. Seri Manajemen Pemasaran.

Riduwan. 2009. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rini. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap tingkat kepuasan pengguna jasa pelayanan driver Grab (Studi Kasus IAIN Metro).

Sanjaya, P. K. A. 2018. Etika Bisnis dan Entrepreneurship dalam Pembangunan Ekonomi Bali: dalam Perspektif Hindu. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 18(1), 93- 101.

Siregar, S. 2013. Metode penelitian kuantitatif. Dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan aplikasi SPPS Versi 17. Jakarta: Rajawali.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Pengembangan dan Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sundari, E., Deswarta, D., & Helmi, S. 2021. Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Memilih Menggunakan Jasa Go-Jek Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Riau). E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 64-71. https://www.dailysocial.id/. Diakses pada 03 Februari 2022
Published
2023-04-25
Section
Articles