TRI HITA KARANA SEBAGAI ETIKA BISNIS DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN
Abstract
Nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Hindu salah satunya untuk dapat hidup dan sejahtera haruslah bekerja dengan baik. Bekerja dapat dilakukan dengan orang lain maupun membuka usaha sendiri, persaingan yang ketat antar pelaku usaha dapat menimbulkan perbuatan yang tidak baik yang tidak sesuai dengan ajaran Hindu. Pencapaian kebahagiaan dan kesejahteraan dalam ajaran Hindu dapat dicapai melalui Tri Hita Karana, ajaran ini dapat menjadi pedoman dalam membentuk etika yang sesuai dengan dharma sehingga kebahagiaan dan kesejahteraan dapat tercapai dengan perekonomian yang meningkat. Etika yang baik dalam berbisnis menjadi salah satu modal yang penting Ketika persaingan dirasa sangat sulit, etika ini menjadi prinsip yang digunakan dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat mengembangkan bisnis tersebut.
References
Adwitya Sanjaya, P. K. (2018). Etika Bisnis Dan Entrepreneurship Dalam Pembangunan Ekonomi Bali: Dalam Perspektif Hindu. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 18(1), 93–101. https://doi.org/10.32795/ds.v1i18.106
Butarbutar, B. (2019). Peranan Etika Bisnis Dalam Bisnis. JIMT:Jurnal Ilmu Terapan, 1(April), 33–35. https://doi.org/10.31933/JIMT
Choiruna, U. (2018). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Dan Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Mentari Kademangan Blitar. 15–51.
Junaedi, D., & Salistia, F. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara Terdampak. In Simposium Nasional Keuangan Negara (pp. 995–1115).
Luh, N., Prapnuwanti, P., Putrawan, P. W., Mpu, S., Singaraja, K., Tri, H., & Karana, B.-----------------------------. (2022). Tri Hita Karana Sebagai Landasan Etika Berwirausaha. HARIDRACARYA : Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 3(1), 81–88. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/haridracarya/index
Nurwendi, W., & Haryadi, D. (2022). Peran Ambidexterity Organisasi Sebagai Variabel Intervening Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Masa Covid-19. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 47–64. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.513
Sadono., S. (2010). Makroekonomi : Teori Pengantar. (Edisi Keti). PT. Raja Grasindo Perseda.
Trihudiyatmanto, M. (2021). Ambidexterity Dalam Perkembangan UMKM Retail Masa Pandemi Covid-19. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i2.1700.
Wijaya, I. G. B. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha. Jambura Economic Education Journal, 3(2), 52–60. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jej/article/view/10446/3127
Wijaya, I. G. B. (2022). Etika Kewirausahaan Berdasarkan Ajaran Weda. Guna Sewaka: Jurnal Manajemen, 1(1), 44–51.
Adhiputra, M. W. (2014). Prinsip Etika Dalam Bisnis Hindu (Fenomena Praktik Bisnis di Era Globalisasi). Rsep-56, 5. http://repository.ut.ac.id/5093/1/
Adwitya Sanjaya, P. K. (2018). Etika Bisnis Dan Entrepreneurship Dalam Pembangunan Ekonomi Bali: Dalam Perspektif Hindu. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 18(1), 93–101. https://doi.org/10.32795/ds.v1i18.106
Butarbutar, B. (2019). Peranan Etika Bisnis Dalam Bisnis. JIMT:Jurnal Ilmu Terapan, 1(April), 33–35. https://doi.org/10.31933/JIMT
Choiruna, U. (2018). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Dan Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah Mentari Kademangan Blitar. 15–51.
Junaedi, D., & Salistia, F. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara Terdampak. In Simposium Nasional Keuangan Negara (pp. 995–1115).
Luh, N., Prapnuwanti, P., Putrawan, P. W., Mpu, S., Singaraja, K., Tri, H., & Karana, B.-----------------------------. (2022). Tri Hita Karana Sebagai Landasan Etika Berwirausaha. HARIDRACARYA : Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 3(1), 81–88. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/haridracarya/index
Nurwendi, W., & Haryadi, D. (2022). Peran Ambidexterity Organisasi Sebagai Variabel Intervening Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Masa Covid-19. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 47–64. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.513
Sadono., S. (2010). Makroekonomi : Teori Pengantar. (Edisi Keti). PT. Raja Grasindo Perseda.
Trihudiyatmanto, M. (2021). Ambidexterity Dalam Perkembangan UMKM Retail Masa Pandemi Covid-19. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i2.1700.
Wijaya, I. G. B. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha. Jambura Economic Education Journal, 3(2), 52–60. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jej/article/view/10446/3127
Wijaya, I. G. B. (2022). Etika Kewirausahaan Berdasarkan Ajaran Weda. Guna Sewaka: Jurnal Manajemen, 1(1), 44–51.