Perlakuan Akuntansi Beverage Promotion di Hotel WS
Abstract
Beverage promotion adalah salah satu bentuk promosi yang dibuat khusus untuk penjualan beverage (minuman beralkohol) dan bertujuan untuk memikat minat tamu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perlakuan akuntansi beverage promotion yang diterapkan di hotel WS. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Dalam hasil penelitian ini menjelaskan bahwa bentuk perlakuan akuntansi beverage promotion di Hotel WS telah sesuai dengan Konsep Penandingan dimana ketika pendapatan dari beverage promotion diakui, maka akan ada biaya yang timbul dan dibebankan pada periode tersebut. Beverage compliment telah dialokasikan sesuai dengan USALI Schedule 7 – Sales & Marketing pada akun Entertainment In-house (Promotion Event). Perlakuan akuntansi beverage promotion telah diterapkan sesuai dengan PSAK No. 1 Tahun 2018 yaitu pengakuan pendapatan dan beban telah dilakukan secara handal, pengukuran pendapatan dan beban telah sesuai dengan nilai wajar, dan pendapatan dan beban beverage promotion telah diakui dan disajikan pada laporan laba rugi dan lampiran.
References
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). (2018). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1: Penyajian Laporan Keuangan. Jakarta: IAI.
Kieso, D.E Weygandt, J.J. Warfield, T.D. 2017. Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate Accounting) (IFRS). Jakarta: Salemba Empat.
Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 5 Tahun 2022 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Hotel.
Pura. R. (2013). Pengantar Akuntansi 1. Jakarta: Erlangga.
Samsu. (2017). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusaka Jambi.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwardjono. (2017). Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
The Hotel Association of New York City. (2018). Uniform System of Accounts for the Lodging Industry. USA: Hospitality Financial and Technology Professionals.
Wiryanata, I G N A. 2021. Pengantar Akuntansi Hotel. Denpasar:Udayana University Press.
Wiyasha, I. (2018). Akuntansi Perhotelan (Penerapan Uniform System of Accounts for The Lodging Industry). Yogyakarta: Andi Offset