Pelatihan Digitalisasi untuk meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Unggul dan Mampu Bersaing

  • Sucipto Basuki Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Francisca Sestri Goestjahjanti Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • winanti winanti Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Shofwatun Hasna Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Bonar Bangun Jeppri Napitupulu Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Istajib Kulla Himmy’azz Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Santa Lusianna Sitorus Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Joko Riyantao Universitas Islam Syekh Yusuf
  • Haniyah Haniyah Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Tia Ramadani Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Sukriyah Sukriyah Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Muhammad Alfi Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Muhammad Luthfian Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Keywords: Pelatihan, Digitalisasi, Pemasaran, UMKM

Abstract

Masih banyaknya pelaku usaha yang belum menerapkan pemasaran dan penggunaan keuangan digital. Promosi hanya sebatas menggunakan status WhatsAp dengan jangkauan terbatas. Tujuan kegiatan adalah pelatihan digitalisasi pemasaran produk UMKM. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi interaktif yang melibatkan 100 peserta dari para pelaku UMKM. Hasil kegiatan diharapkan para pelaku UMKM memahami bagaimana melakukan pemasaran secara digital agar jangkauan lebih luas, transaksi kapan saja dan dimana saja. Pemasaran digital disertai dengan penggunaan keuangan digital yang mudah dan cepat. Kegiatan selanjutnya akan dilakukan sosialisasi keuangan digital bekerja sama dengan Bank Indonesia.

References

Basuki, S., Supiana, N., Maulana, A., & Alexander, I. F. (2023). FOCUS GROUP DISCUSSION RANCANG BANGUN DIGITAL MARKETING PRODUK FURNITURE BERBAHAN DRUM BEKAS PADA. Prosiding PKM-CSR, 6, 1–6.
Fayzhall, M., Winanti, Lestari, S., Basuki, S., Goestjahjanti, F. S., Kariyadi, N., Lael, B., Nugroho, A. P., Mulyani, R., Rahmandani, N. Y., & Aulia, A. R. (2022). PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PRODUK UMKM KAMPUNG TEMATIK DRUM BUJANA, TIGARAKSA, TANGERANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 2(2), 128–135.
Goestjahjanti, F. S., Hasna, S., Kulla, I., Suwita, J., Ferdiyatmoko, D., Kumoro, C., & Basuki, S. (2024). Edukasi Pengembangan Inovasi Berbasis Keuangan Digital Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Tangerang. 6(September), 1270–1278.
Gosestjahjanti, F. S., Basuki, S., & Lestari, S. (2023). Meningkatkan Produktivitas UMKM dan Ketahanan Pangan Melalui Pelatihan dan Penanaman Pohon pada Kampung Tematik Drum Bujana Kabupaten Tangerang. Jurnal Abdimas PHP, 6(1), 139–145.
Gozali, A., Kamar, K., Basuki, S., Kumoro, F. C., & Hasna, S. (2024). Pelatihan pengelolaan usaha rumahan bagi pelaku umkm di desa banyu asih kecamatan mauk. Prosiding PKM-CSR, 7, 1–7.
Himmy, K., Ferdiyatmoko, D., Kumoro, C., & Hasna, S. (2024). Sosialisasi Manajemen Keuangan Digital bagi Pelaku Usaha dan Masyarakat di Kabupaten Tangerang. 03(02), 152–161.
Isnaini, S. W., Winanti, W., Sudiyono, R. N., Purwaningrum, D., Riyanto, R., Tiara, B., Octarina, T., Admiral, A., Yuniarti, A. S., Sari, L., Stevanny, V., Yulia, Y., Fajriah, N., Suhartono, B., Jainuri, J., Crystine, E., Silitonga, N., Sukriyah, S., & Johan, M. (2025). Kegiatan Inkubasi Usaha Masyarakat dengan Pendampingan pembuatan Nomor Ijin Berusaha (NIB) Sebagai Upaya Legalitas UMKM di Desa Pete Tigaraksa. Jurnal Abdimas Unipem, 3(1).
Kulla, I., Suwita, J., & Cahya, D. F. (2024). Edukasi Legalitas Usaha bagi UMKM Kabupaten Tangerang Bersama Bank Indonesia dan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 03(02), 105–114.
Maesaroh, S., Purwaningrum, D., & Wiyono, N. (2024). Opening Program Inkubasi Usaha Masyarakat melalui Bumdes Pema Bersama pada Desa Pete Kecamatan Tigaraksa. 2(2), 63–68.
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686
Saputra, A., Solaeman, D., Kulla, I., Basuki, S., Ferdiyatmoko, D., Kumoro, C., Kamar, K., & Sestri, F. (2024). SOSIALISASI LEGALITAS DAN BAHAYA PINJAMAN ONLINE ILEGAL DI ERA DIGITAL BAGI MASYARAKAT KABUPATEN TANGERANG. Prosiding PKM-CSR, 7.
Supiana, N., Waruwu, H., Iskandar, J., Maqin, S., Kamar, K., Alfariz, A. H., Insan, U., Indonesia, P., History, A., Taruna, K., Village, T., & Village, B. T. (2024). Workshop on Fostering an Entrepreneurial Spirit Among Young Generations in the Bonsai Thematic Village , Tangerang 501 ) Workshop on Fostering an Entrepreneurial Spirit Among Young Generations in the Bonsai Thematic Village , Tangerang , Winanti , Supiana. 500–505.
Utami, S. (2018). Kuliner Sebagai Identitas Budaya: Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(2), 36–44. https://doi.org/10.35814/coverage.v8i2.588
Winanti, Gaol, F. L., Meyliana, & Prabowo, H. (2021). A Proposed Model the Learning of Culinary Community with Technology Mobile for Culinary in Indonesia. Journal of Positive Psychology & Wellbeing, 5(4), 1437–1452.
Winanti, Goestjahjanti, F. S., Tiara, B., Kamar, K., & Fernando, E. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Social dan Pencatatan Keuangan Sederhana bagi UMKM Perumahan Rajawali, Rajeg, Tangerang. Proletarian : Community Service Development Journa, 2(1), 15–21.
Winanti, W. (2022). Smart Learning Community at Culinary Community with SECI Model Adoption : Systematic Literature Review. I. J. Education and Management Engineering, 12(4), 1–11. https://doi.org/10.5815/ijeme.2022.04.01
Published
2025-05-23
How to Cite
Basuki, S., Goestjahjanti, F., winanti, winanti, Hasna, S., Napitupulu, B., Himmy’azz, I., Sitorus, S., Riyantao, J., Haniyah, H., Ramadani, T., Sukriyah, S., Alfi, M., & Luthfian, M. (2025). Pelatihan Digitalisasi untuk meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Unggul dan Mampu Bersaing. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 41-50. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/sjpkm.v4i1.2452
Section
Articles