Edukasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Bagi UMKM Di Desa Duman

  • Ayu Sita Dewi Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
  • I Wayan Rudiarta Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram
Keywords: Media Sosial, Media Promosi, UMKM

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial sebagai media promosi bagi UMKM di Desa Duman. Karya tulis ini menggunakan metode Pendidikan Masyarakat yaitu melakukan penyuluhan atau sosialiasi untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi yang efektif bagi para pelaku UMKM di Desa Duman Kecamatan Lingsar, kabupaten Lombok Barat. Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu Observasi dan riset UMKM, Perencanaan Kegiatan, Pelaksanaan Edukasi dan Evaluasi Kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabdian bahwa dari 2 UMKM yang telah di wawancarai, diketahui bahwa para pelaku UMKM masih belum paham serta tidak bisa menggunakan media sosial sebagai media promosi dan hanya mengandalkan pelanggan dari masyarakat lingkungan sekitar dan tetangga. Dan setelah dilakukannya edukasi dan evaluasi kepada 2 pemilik UMKM mereka menjadi lebih memahami bagaimana cara mempromosikan UMKM melalui sosial media. Hasil kegiatan ini menjadi bukti bahwa edukasi memainkan peran penting dalam membantu UMKM memanfaatkan media sosial secara lebih efektif. Selain dari 2 UMKM yang terlibat, kegiatan ini memberikan gambaran atau ilustrasi bahwa masih diperlukan upaya lebih lanjut dalam menggabungkan pengetahuan media sosial dalam strategi promosi UMKM secara luas di Desa Duman. Diharapkan, melalui kegiatan ini, lebih banyak pelaku UMKM dapat meningkatkan jangkauan dan pemasaran produk mereka melalui media sosial, menggandakan dampak positif bagi pertumbuhan usaha mereka.

References

Riyanto, A. D., & Noeris, M. F. (2018). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE UNTUK PELAKU UMKM DI CILACAP. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 53-57.
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). PEMANFAATAN PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL OLEH UMKM DI ERA PANDEMI: STUDI KASUS PADA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH DI KABUPATEN BANDUNG. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89-96.
Girsang, N. M., & Riski, W. N. (2023). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK UMKM DI SUMATERA BARAT. Journal of Tourism Sciences, Technology and Industry, 2(1), 1-10.
Henderi, M. Y., & Yuliana, I. G. (2007). PENGERTIAN MEDIA SOSIAL. ONLINE,(http://wlipurn. blog spot. co. ad/20117/wlipurn. html).
Pratiwi, A. A. M. (2020). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN ONLINE SAAT PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73-81.
Rudjito. (2003). Strategi PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS SINERGI BISNIS, dalam Makalah yang disampaikan pada seminar peran perbankan dalam memperkokoh ketahanan nasional kerjasama Lemhanas RI dengan BRI.
Rangkuti, F. (2009). MENGUKUR EFEKTIVITAS PROGRAM PROMOSI & ANALISIS KASUS MENGGUNAKAN SPSS. PT Gramedia Pustaka Utama.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). USERS OF THE WORLD, UNITE! THE CHALLENGES AND OPPURTUNITIES OF SOCIAL MEDIA. 59-68.
Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENDEKATAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. 229.
Yusuf, A. M. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN PENELITIAN GABUNGAN. 384.
Ana Agutina, R. P. (2019). PENGARUH STRATEGI PROMOSI SOSIAL MEDIA DAN KUALITAS PRODUK SERTA WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KULINER. Jurnal Administrasi dan Bisnis , 41-50.
Andi Dwi Riyanto, M. F. (2018). PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE UNTUK PELAKU UMKM DI CILACAP. Jurnal Pengabdian Masyarakat , 53-57.
Tika Ardillaning Pratiwi, H. B. (2015). KEBEBASAN BERPENDAPAT MELALUI FACEBOOK DAN TWITTER: STUDI KASUS UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. 1-5.
Yuda Syahidin, M. V. (2014). PENERAPAN TEKNOLOGI E-COMMERCE DALAM BISNIS PENJUALAN PRODUK SECARA ONLINE. Jurnal Bisnis Wirausaha , 6-7.
Published
2024-06-27
How to Cite
Dewi, A. S., & Rudiarta, I. W. (2024). Edukasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Bagi UMKM Di Desa Duman. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 71-81. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/sjpkm.v3i1.1696
Section
Articles