Penguatan Nilai Karakter Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini di Dusun Oman Nyambu
Abstract
Anak usia dini merupakan kelompok usia strategis dalam pembentukan karakter dasar, termasuk karakter kewirausahaan yang sangat penting dalam menyiapkan generasi mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab di era kompetitif. Di Dusun Oman Nyambu, anak-anak telah menunjukkan potensi keterlibatan dalam aktivitas produktif keluarga, namun belum mendapatkan pendekatan pendidikan kewirausahaan secara sistematis. Pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai karakter kewirausahaan pada anak usia dini melalui pendekatan edukatif, partisipatif, dan kontekstual berbasis lingkungan belajar lokal. Kegiatan dilakukan dengan metode pendidikan masyarakat dan pelatihan, serta melibatkan guru pasraman, orang tua, dan tokoh masyarakat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Strategi pengabdian dilaksanakan melalui pemberian materi dasar kewirausahaan, pembiasaan harian, praktik kerajinan tangan (anyaman dan ketupat), serta simulasi market day mini. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan karakter anak dalam aspek kemandirian, kepemimpinan, kreativitas, dan tanggung jawab. Selain itu, terjadi perubahan positif dalam sikap anak terhadap tugas dan interaksi sosial. Program ini membuktikan bahwa pendekatan kolaboratif dan berbasis lokal efektif untuk menanamkan karakter kewirausahaan sejak usia dini.
References
Andari, I. A. M. Y., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.1019
Ariandy, V., & Tarihoran, E. (2024). Integrasi Nilai Kristiani dalam Pendidikan Kewirausahaan: Membentuk Karakter Wirausahawan. Sapa: Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 9(1), 57–65.
Ekaningtyas, N. L. D., & Wiguna, I. B. A. A. (2024a). Strategi Orang Tua Dalam Menstimulasi Resiliensi Pada Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 163–172.
Ekaningtyas, N. L. D., & Wiguna, I. B. A. A. (2024b). Strategi Orang Tua Dalam Menstimulasi Resiliensi Pada Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 163–172.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Guepedia.
Hadikusuma, S. (2019). Internalisasi Nilai-nilai Keislaman Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kewirausahaan. El-Tarbawi, 12(2), 129–154. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss2.art2
Heri, E. I. (2019). Tantangan Pengembangan SDM Polri di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Kepolisian, 13(2), 16.
Ida Bagus Alit Arta Wiguna. (2021). Neurosains Dalam Implimentasi Metode Hypnoteaching Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Prosiding Semadi 5.
Lase, D. (2019). Pendidikan di era revolusi industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43.
Makarau, N. I., & Aprida, S. N. (2024). Penanaman Nilai-nilai Kewirausahaan pada Pembelajaran PAUD. E-JURNAL AKSIOMA AL-ASAS, 5(1).
Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat literasi keuangan pada mahasiswa S-1 fakultas ekonomi. Urnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(1), 76–85.
Putri, N. P. W., Sukendri, N., Wiguna, I. B. A. A., & Andari, I. A. M. Y. (2024a). Pengenalan Nilai Seni Nusantara Pada Anak Usia Dini Melalui Tari Kreasi Wonderland. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 153–162.
Putri, N. P. W., Sukendri, N., Wiguna, I. B. A. A., & Andari, I. A. M. Y. (2024b). Pengenalan Nilai Seni Nusantara Pada Anak Usia Dini Melalui Tari Kreasi Wonderland. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 153–162.
Saugi, W., Sundari, I., & Agustiah, A. (2020). Penanaman Karakter Kewirausahaan Di TK Alam Al-Azhar Kutai Kertanegara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 9–20.
Savitri, A. (2019). Revolusi industri 4.0: mengubah tantangan menjadi peluang di era disrupsi 4.0. Penerbit Genesis.
Sholeh, M. C., & Supratno, H. (2023). Penanaman Karakter Kewirausahaan di Pesantren Tebuireng. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 292–307.
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 6(2).
Wahyuni, S. (2021). Manajemen Sekolah Adiwiyata Nasional dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan Siswa. Media Manajemen Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.8923
Wardhani, M. F., Puspitasari, D., & Mujib, M. (2023). Peran Menanamkan Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), 5(2). https://doi.org/10.61689/bisecer.v5i2.347
Wiguna, I. B. A. A. (2020). Pola Asuh Dalam Penumbuhkembangan Karakter Toleransi Anak Usia Dini Dilingkungan Minoritas. Prosiding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(1).
Wiguna, I. B. A. A. (2021a). Pelatihan Dan Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4798
Wiguna, I. B. A. A. (2021b). Pelatihan Dan Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4434
Wiguna, I. B. A. A., Putriani, N. G. A. N., & Arini, N. M. (2022). Strategi Pengembagan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Menganyam Dengan Media Origami. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1740
Wiguna, I. B. A. A., & Sunariyadi, N. S. (2021). Peran orang tua dalam penumbuhkembangan pendidikan karakter anak usia dini. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 328–341.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.