Sosialisasi Transformasi Digital bagi UMKM sebagai Bagian Penguatan Fondasi Ekonomi Masyarakat Kabupaten Tangerang

  • Sucipto Basuki Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Winanti Winanti Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Nana Supiana Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Riyanto Riyanto Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Sukriyah Sukriyah Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Miyv Fayzhall Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Francisca Sestri Goestjahjanti Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Sri Lestari Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Siti Maesaroh Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Nuri Wiyono Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Jainuri Jainuri Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Erick Fernando Universitas Multimedia Nusantara
Keywords: Sosialisasi, Transformasi Digital, UMKM, Ekonomi Masyarakat

Abstract

Activities to socialize digital transformation of Micro small and Medium Enterprises in Tangerang Regency were carried out online and were attended by 497 participants with various backgrounds. There were three speakers and were guided directly by a moderator. Explained the problems and obstacles in implementing digitalization for micro small and medium enterprises, and the importance of digital transformation. This community service seminar was also filled with material about breaking down household waste into gold and beauty by the second resource person. The activity went well and was interactive between participants and resource persons. It is hoped that in the future similar activities can be carried out directly and continuously so that they can maximize the progress of Micro small and Medium Enterprises in Tangerang Regency

References

Sosialisasi pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk Pengembangan UMKM di Bumdes Serdang Tirta Kencana Melalui Online Single Submission. MULIA, 1(2), 73–83.
Az-zahra, N. S. (2021). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM. NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science, 77–88.
Basuki, S., Kamar, K., Kulla, I., Ferdiyatmoko, D., Kumoro, C., Purno, M., & Yulia, Y. (2023). EDUKASI TATA KELOLA DAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN SECARA SYAR ’ I PADA KAMPUNG TEMATIK DRUM BUJANA. 6, 1–7.
Basuki, S., Supiana, N., Maulana, A., & Alexander, I. F. (2023). FOCUS GROUP DISCUSSION RANCANG BANGUN DIGITAL MARKETING PRODUK FURNITURE BERBAHAN DRUM BEKAS PADA. Prosiding PKM-CSR, 6, 1–6.
Basuki, S., Winanti, Goestjahjanti, F. S., Lestari, S., Fayzhall, M., Karyadi, N., Laeli, B., Rahmadani, N. Y., Rosi, M., & Tiara, B. (2022). WORKSHOP PENGUATAN INOVASI UMKM DAN PRODUK UNGGULAN KAMPUNG TEMATIK KABUPATEN TANGERANG. Bangun Rekaprima, 08(2), 135–141.
Ferdiyatmoko, D., Kumoro, C., Suwita, J., Hasna, S., Basuki, S., & Jubaeda, I. (2023). Pendampingan Proses Penyembelihan dan Pendistibusian Hewan Qurban tahun 1444 Hijriah pada 5 Lokasi di Kabupaten Tangerang. 02(02), 212–221.
Gosestjahjanti, F. S., Basuki, S., & Lestari, S. (2023). Meningkatkan Produktivitas UMKM dan Ketahanan Pangan Melalui Pelatihan dan Penanaman Pohon pada Kampung Tematik Drum Bujana Kabupaten Tangerang. Jurnal Abdimas PHP, 6(1), 139–145.
Gosestjahjanti, F. S., Winanti, Basuki, S., Himmy’azz, I. K., Supriyanto, Purno, M., & Jubaedah, I. (2023). SOSIALISASI PELAKSANAAN PROGRAM KETAHANAN PANGAN MELALUI BUDIDAYA AYAM PETELUR BERBASIS EKONOMI KREATIF UNTUK UMKM DI PASAR KECAPI JATIMURNI KOTA BEKASI. Bangun Rekaprima, 09(1), 12–18.
Hartati, R., Sudiyono, R. N., Radita, F. R., Asnaini, S. W., Hulu, P. H., & Simorangkir, Y. N. (2022). Sosialisasi Pendaftaran Sertifikasi Halal secara Online bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah. MULIA, 1(2), 115–121.
Hartono, H., & Hartomo, D. D. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Umkm Di Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 15. https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678
Rainanto, B. H. (2019). ANALISIS PERMASALAHAN YANG DIHADAPI OLEH PELAKU USAHA MIKRO AGAR BERKEMBANG MENJADI USAHA KECIL (SCALLING UP) PADA UMKM DI 14 KECAMATAN DI KABUPATEN BOGOR. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan (JIMKES), 7(1).
Supiana, N., Maqin, S., Hasna, S., & Karyadi, N. (2023). Implementasi Aplikasi Wisata Kabupaten Tangerang ( Appatar ) sebagai Media Promosi Pariwisata di Kabupaten Tangerang. Abdimas PHP, 6(3), 835–843.
Tangerang, M. (2022). Bupati Zaki Dukung Program Kampung Tematik oleh STMIK STIE Insan Pembangunan. Monitor Tangerang. https://monitortangerang.com/bupati-zaki-dukung-program-kampung-tematik-oleh-stmik-stie-insan-pembangunan/
Wafiroh, A., Winanti, & Nuryanti, Y. (2017). Analisa dan perancangan sistem informasi penjualan Online pada Toko Langgan. Jurnal IPSIKOM, 5(2), 149–200.
Widnyani, N. M., Astitiani, N. L. P. S., & Putri, B. C. L. (2021). Penerapan Transformasi Digital Pada Ukm Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.38043/jimb.v6i1.3093
Winanti, Goestjahjanti, F. S., Himmy’azz, I. K., Kumoro, D. F. C., Letari, S., Purno, M., & Nurasiah. (2023). Diskusi publik peran pemuda dalam digitalisasi ekonomi guna mencetak generasi berjiwa entrepeneur di kabupaten tangerang. Bangun Rekaprima, 09(2), 202–208.
Winanti, Riswara, A., Supiana, N., Purno, M., Ferdiyatmoko, D., Kumoro, C., Kamar, K., Yulia, Y., Suseno, B., Prihastomo, Y., & Hapsari, W. (2023). Sosialisasi dan Wokshop penggunaan sistem informasi penelusuran Data Alumni berbasis WEB bagi 6 SMK Pusat Keunggulan. Abdimas Galuh, 5(1), 729–737.
Published
2024-06-26
How to Cite
Basuki, S., Winanti, W., Supiana, N., Riyanto, R., Sukriyah, S., Fayzhall, M., Goestjahjanti, F. S., Lestari, S., Maesaroh, S., Wiyono, N., Jainuri, J., & Fernando, E. (2024). Sosialisasi Transformasi Digital bagi UMKM sebagai Bagian Penguatan Fondasi Ekonomi Masyarakat Kabupaten Tangerang. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 41-50. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/sjpkm.v3i1.1375
Section
Articles