Pelatihan Penggunaan Aplikasi Berbasis Learning Management Sysstem pada SMK Permata Kemiri Tangerang

  • winanti winanti Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Istajib Kulla Kulla Himmy'azz Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Dwi Ferdi Cahya Kumoro
  • Karnawi Kamar Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • erick Fernando Universitas Multimedia Nusantara
  • Yayah Yulia Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Nurasiah Nurasiah Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Jaka Suwita Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Kata Kunci: Pelatihan, Implementasi, Learning Management system, LMS, Pusat Keunggulan

Abstrak

Pelatihan dilakukan di SMK Permata Kemiri selama satu hari penuh. Selama pandemic Covid-29 para guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi mengingat tidak semua guru memahami teknologi seperti penggunaan LMS. Narasumber menyampaikan secara rinci dan detail mengenai LMS dan pelatihan dilakukan untuk para guru dengan membawa sarana laptop masing-masing agar lebih maksimal. Selama pelatihan terjadi interaksi antara narasumber dan peserta pelatihan sehingga diskusi berjalan dengan lancar. Tujuan pelatihan memberikan pemahaman penggunaan LMS untuk para guru sebagai media pembelajaran yang interaktif. Kegiatan pelatihan ditutup dengan doa dan foto bersama para peserta

Referensi

Andria, A., & Setyansah, R. K. (2019). Implementasi e-Learning Berbasis Web dan Aplikasi Android dalam Pendidikan. UNIPMA PRESS.
Ayu Putri, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis H5p Pada Materi Perakitan Komputer Di Smk 2 Mei Bandar Lampung.
Belawati, T. (2021). Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Dhiani Tresna Absari & Andryanto. (2013). Pembuatan aplikasi pembelajaran interaktif sebagai alat bantu belajar memasak pada anak-anak. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Aplikasinya, 5, 1–13.
Fatirul, A. N., ST, M. P., & Winarto, B. (2021). Instructional Development Design: Model-Model Pengembangan Pembelajaran. Jakad Media Publishing.
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68.
Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan Kemandirian Belajar: Merdeka Belajar Sebagai Kunci Sukses Mahasiswa Jarak Jauh. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1–215.
Hidayati, N., & Wuryandari, A. I. (2012). Media Design for Learning Indonesian in Junior High School Level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67(November 2011), 490–499. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.354
Himmy, K., Ferdiyatmoko, D., & Kumoro, C. (2023). Bimbingan Teknis bagi Guru melalui Program Pencegahan Perundungan pada SMK Permata Kemiri Kabupaten Tangerang. 02(01), 47–56.
Idrus Paturusi, S. O. (2020). Goresan Cerita Melawan Covid-19. Merajut Asa Di Tengah Pandemi Covid-19 (Pandangan Akademisi UNHAS), 190.
Khosiyono, B. H. C., Fajarudin, M., Jayanti, E. D., Sari, R. V., Srikonita, R., Isnaini, L., Kholisoh, S., Sunardiyah, M. A., Hikmah, N., & Rahayu, M. S. (2022). Teori dan pengembangan pembelajaran berbasis teknologi digital di sekolah dasar. Deepublish.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2012). Management information systems: managing the digital firm. In Revista de Administração Contemporânea (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.1590/s1415-65552003000100014
Mai, T. T., Bezbradica, M., & Crane, M. (2022). Learning behaviours data in programming education: Community analysis and outcome prediction with cleaned data. Future Generation Computer Systems, 127, 42–55. https://doi.org/10.1016/j.future.2021.08.026
Mustari, M. (2023). Teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen pendidikan. Sunan Gunung Djati Publishing.
Nababan, D. A., Patty, J., Sopacua, S. B., & Sianipar, D. (2024). Strategi Manajemen Kelas Pendidikan Agama Kristen yang Kolaboratif dan Berbasis Literasi Digital. Jurnal Shanan, 8(1), 85–104.
Pavlenko, D., Barykin, L., Nemeshaev, S., & Bezverhny, E. (2020). Individual approach to knowledge control in learning management system. Procedia Computer Science, 169(2019), 259–263. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.02.162
Purnomo, W. (2016). Penerapan Massive Open Online Course (MOOC) berbasis Moodle sebagai Learning Management System (LMS). Simposium Nasional Pengembang Teknologi Pembelajaran.
Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., Asry, W., Arsana, I. N. A., Chaniago, G. G., & Wibowo, S. E. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Siahaan, S. M. (2012). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 13–20.
Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69.
Suradji, M. (2018). Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang kesiswaan, kepegawaian dan keuangan di sma muhammadiyah 1 Gresik. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 347–371.
Syamsuri, A. S., & Md, A. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. Nas Media Pustaka.
Szitar, M.-A. (2014). Learning about Sustainable Community Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3462–3466. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.784
Tanduklangi, A., & Amri, C. (2019). Manajemen Sumber Daya Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer: Computer Assisted Language Learning. Deepublish.
Venkatraman, S., & Venkatraman, R. (2018). Communities of Practice Approach for Knowledge Management Systems. Systems, 6(4), 36. https://doi.org/10.3390/systems6040036
Waliulu, Y. S., Sos, S., Kom, M. I., Wahid, S. E., Arif, H. M., Deyidi Mokoginta, S. T., Rian Novita, S. E., Rukhmana, T., Asep Deni, M. M., & Sentryo, I. (2023). Pendidikan Dalam Transformasi Digital. Cendikia Mulia Mandiri.
Wibawanto, H., Instruksional, P. D., Prabowo, S., Letak, P., & Sosiawan, A. (2019). Perancangan Web Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiguna, I. B. A. A. (2020). “Paradoks Stockdale” Sebagai Langkah Preventif Dalam Penanganan Kepanikan Pandemi Covid-19 (Perspektif Bimbingan Konseling Preventif). In COVID-19: Perspektif Agama dan Kesehatan (book chapt, pp. 83–96). Yayasan Kita Menulis.
Wiguna, I. B. A. A. (2021). Strategi Guru PAUD Dalam Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. In Maesaroh Lubis (Ed.), Potret Pendidikan Dan Guru Di Masa Pandemi Covid-19 (Book Chapt, p. 115). EDU Publisher.
Wiguna, I. B. A. A. (2022). Dampak Positif Pandemi Covid-19 Meningkatkan Mutu Kompetensi Dosen Millennial IAHN Gde Pudja Mataram. Dharma Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01). https://doi.org/10.53977/sjpkm.v1i01.625
Winanti, Riswara, A., Supiana, N., Purno, M., Ferdiyatmoko, D., Kumoro, C., Kamar, K., Yulia, Y., Suseno, B., Prihastomo, Y., & Hapsari, W. (2023). Sosialisasi dan Wokshop penggunaan sistem informasi penelusuran Data Alumni berbasis WEB bagi 6 SMK Pusat Keunggulan. Abdimas Galuh, 5(1), 729–737.
Diterbitkan
2024-06-23
Bagian
Articles