Pemaknaan Pendengar Terhadap Iklan Testimoni Nutrisi Herbal Nariyah Di Radio Kasihku FM Bumiayu Dalam Teori Resepsi Stuart Hall

  • Rosita Indah Utami Universitas Peradaban
  • Aan Herdiana Universitas Peradaban
Keywords: Iklan Testimoni, Pendengar Radio, Teori Resepsi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tentang resepsi atau penerimaan pendengar terhadap isi pesan iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah di Radio Kasihku FM Bumiayu. Iklan testimoni seringkali menjadi wadah bagi media atau perusahaan untuk mempersuasi pendengar bahkan meyakinkan pendengar agar mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma interpretif konstruktivis dan menggunakan metode analisis resepsi Stuart Hall. Hasil peneltian menunjukkan bahwa posisi informan berdasarkan pemaknaan pendengar mengenai isi pesan pada iklan testimoni nutrisi Herbal Nariyah di Radio Kasihku FM terdapat sebanyak 7 (tujuh) orang termasuk ke dalam posisi dominan (hegemonic position/reading), dan sebanyak 10 (sepuluh) orang masuk ke dalam posisi negosiasi (negotiated position/reading). Sementara itu, tidak ditemukan informan yang masuk ke dalam posisi oposisi (oppositional position/reading).

References

Adi,Tri Nugroho. (2012) “Mengkaji Khalayak Media Dengan Metode Penelitian Resepsi” Jurnal Acta Diurna Vol. 8 No. 1.
Belch, George E & Belch, Michael A. (2003). Advertising and Promotion, and Integrated Marketing Communication Perspectives. Megraw-Hill Companies (6th ed).
Bungin, Burhan, (2006). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hadi, Ido Prijana. (2009) “Penelitian Khalayak Dalam Perspektif Reception Analysis” Jurnal Ilmiah Scriptura, Vol. 3, No. 1.
Hall, S. (2006). Encoding/Decoding. In M. G. Durham & D. M. Kellner (Eds.), Media and Cultural Studies: Key Works (2nd ed., pp. 163-173). USA: Blackwell Publishing.
Kasali, R. (1993). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti. Jakarta.
Kotler, Phillip & Amstrong Gary. (2004). Dasar Dasar Pemasaran Jilid 2. Edisi Kesembilan. Jakarta: Indeks.
Masduki. (2001). Jurnalistik Radio, Menata Profesionalisme Repoprter dan Penyiar. Yogyakarta: LkiS.
Masduki. (2004). Menjadi Broadcaster Profisional. Yogyakarta: PT. LkiS Pelangi Aksara Yogyakarta.
Mc Quail, D. (2000). Mass Communication Theory, Fifth Edition. London: Sage Publication
Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Morrison, M.A. [dkk]. (2010). Teori Komunikasi Massa : Media, Budaya, dan Masyarakat. Bogor: PT Ghalia Indonesia.
Procter, J. (2004). Stuart Hall-Routledge Critical Thinkers. In English Studies.
Pujarama, Widya dan Ika Rizki Yustisia. (2020). Aplikasi Metode Analisis Resepsi Untuk Penelitian Gender dan Media. Malang: UB Press.
Sandra, Nancy, William. (2011). Advertising. Jakarta: Kencan.
Stokes, J. 2003. How to Do Media and Cultural Studies. London: Sage Publications.
Suardana, I.K.P. 2021. Resolution of Jurnalistic Ethics on Media Disruption Era. Media Bina Ilmiah. 14 (8) 3015-3026.
Published
2021-11-26
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.