Dinamika Perubahan Sosial Akibat Konten Viral Tiktok Pada Remaja Hindu Di Kota Mataram
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, perubahan sosial semakin tampak jelas, terutama dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Media sosial telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan modern, menjadi platform utama untuk berinteraksi sosial, berbagi informasi, dan membentuk opini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengidentifikasi konten viral di TikTok yang memengaruhi perubahan sosial remaja Hindu dan untuk mengetahui dinamika perubahan sosial remaja Hindu akibat konten viral TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Jarum Hipodermik untuk mengenali dan mengidentifikasi konten viral di TikTok. Teori Perubahan Sosial digunakan untuk mengkaji dan mengetahui dinamika perubahan sosial akibat konten viral TikTok. Hasil dari penelitian ini adalah konten viral TikTok seperti udeng dan kebaya memengaruhi perubahan sosial remaja Hindu di Kota Mataram, khususnya di lingkungan Montong Are. Remaja lebih kreatif dan percaya diri dalam berekspresi, memilih kain udeng dan kebaya modern meskipun mendapat kritik tentang kesopanan. Perubahan dalam cara berpakaian dan penampilan terlihat, dengan perpaduan unsur tradisional dan modern. Namun, mereka perlu berhati-hati terhadap risiko pandangan dan perilaku yang seragam akibat konten viral.
References
APJII, A. P. J. I. I. (2024). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Website. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang.
Artha, I. P. Y., Wirata, I. W., & Kariyadi, I. K. (2024). Komunikasi Interpersonal Petugas Lapangan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Komunikasi: Gelis, 1(1), 1-9.
Berlianti, R. N. (2024). Penggunaan Aplikasi Tiktok Membentuk Perilaku Sosial Anak Remaja beragama Hindu Di Kampung Wareng. Universitas Sangga Buana YPKP.
Boro, I. M. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Bermain Ular Tangga Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Pada Anak Usia Dini Di Era Modern. Kumaracitta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 49-56.
Cahyani, G. A. S. W., Armayani, N. M. R. T., & Amni, S. S. (2023). Strategi Guru Dalam Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Tari Seledet Pong. Kumaracitta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37-48.
Dewi, P. K., Zaenab, S., & Patni, G. A. S. (2023). Penerapan Project Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti. Widya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10.
Gani, A. G. (2020). Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 5(2).
Harahap, S. A., Yani, R., & Dasopang, M. (2023). Pengembangan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Melempar Tangkap Bola. Kumaracitta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10-16.
Harining, N. L. S., & Suardana, I. K. P. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua dalam Menekan Dampak Negatif Konten Short Video Media Online YouTube pada Anak Usia Dini. Sadharananikarana: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu, 5(1), 854-863.
Kajeng, I. N., dkk (2005). Sarasmuccaya. Surabaya. Penerbit Paramita.
Krisyanti, N. L. R., Wijana, I. N., & Arini, N. M. (2024). Strategi Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar Negeri 2 Surandi Lombok Barat. Widya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 96-109.
Kustiawan, W., Amelia, R. N., & Sugiarto, S. (2022). Dampak Media Sosial Tiktok terhadap perilaku remaja beragama Hindu pada Era globalisasi. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 2108–2115.
Laksmi, N. W., Wirata, I. W., & Saridewi, D. P. (2024). Strategi Pembelajaran Menggunakan Media Video Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Agama Hindu Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Mataram. Widya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 110-118.
Lestari, S. F., & Eriza, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Sosial Media terhadap Kecerdasan Emosional Dikalangan Remaja beragama Hindu. Jurnal Syntax Transformation, 2(08), 1187–1193.
Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1805–1975.
Nitami, N. P. F., Putera, G. N. K., & Yasa, I. M. A. (2023). Peranan Pola Asuh Orangtua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Lingkungan Saren Kota Mataram. Kumaracitta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-9.
Pramana, I. B. B. S. A. (2024). Komunikasi Budaya Pelestarian Silat Bali Kuno Di Pasraman Seruling Dewata. Jurnal Ilmu Komunikasi: Gelis, 1(1), 11-23.
Prapti, D. P., Rasmini, N. W., & Arini, N. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Upaveda Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 7 Mataram. Widya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 19-33.
Radita, N. N. D. G., Arini, N. M., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti. Widya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 46-56.
Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18–29.
Sari, A. H. (2024). Peningkatan kemampuan berbahasa melalui penggunaan media flashcard. Kumaracitta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 63-69.
Susanti, N. M., & Zaenab, S. (2024). Strategi Komunikasi Dalam Penghapusan Barang Milik Negara Melalui Aplikasi Online Pada Biro Logistik Polda Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmu Komunikasi: Gelis, 1(1), 48-61.
Susanti, N. M., & Zaenab, S. (2024). Strategi Komunikasi Dalam Penghapusan Barang Milik Negara Melalui Aplikasi Online Pada Biro Logistik Polda Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmu Komunikasi: Gelis, 1(1), 48-61.
Winata, I. G. B. A., & Listiawati, N. P. (2024). Strategi Komunikasi Dalam Upaya Meningkatkan Eksistensi Sekaa Gong. Widya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 70-80.
Yulianggeni, N. L. E. (2024). Teori Dan Aplikasi Sikap Sebagai Anggota Pasukan Pengibar Bendera. Jurnal Ilmu Komunikasi: Gelis, 1(1), 24-35.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.