PENGARUH GAME BASED LEARNING MATA PELAJARAN INFORMATIKA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Game Based Learning mata pelajaran Informatika pada Kurikulum Merdeka di kelas VII-A sebagai kelas Kontrol dan VII-I sebagai kelas eksperimen pada SMP Negeri 5 Tangerang. Tuntutan program pembelajaran mendesak tenaga pendidik untuk senantiasa inovatif serta kreatif dalam pengembangan gaya belajar. Namun pada mata pelajaran Informatika, guru hanya memberikan hal-hal yang sudah tertulis pada buku dan hanya berfokus pada pemenuhan materi tanpa mempertimbangkan output pembelajaran nantinya meskipun dalam kurikulum merdeka, guru telah dibebaskan untuk menyusun materinya. Penelitian bertujuan membuktikan hipotesis yang berisi motivasi dan prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang telah diinovasi. Alternatif ini menerapkan model pembelajaran berbasis permainan online dengan materi berpikir komputasional. Metode yang digunakan merupakan eksperimen desain kelompok kontrol yang tidak setara. Penggunaan angket motivasi dan tes prestasi belajar adalah instrumen penelitian ini. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan secara signifikan motivasi belajar siswa sekaligus prestasi belajar siswa karena telah mengimplementasikan penyajian metode belajar berbasis permainan bagi kelas penelitian mata pelajaran Informatika.
Referensi
Dipani, M. A. (2023). Inovasi Metode Pembelajaran menggunakan Game-Based Learning (GBL) untuk Memotivasi Pelajar. Prosiding SAINTEK: Sains Dan Teknologi, 2(1), 197–204.
Farhan, A., Alfiah, N., Furqon, A., & Noor, A. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika/Tik Di Smp Al Manshuriyah Pemalang. Jurnal Madaniyah, 13. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824815789465-
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, (2022).
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Maria, W., Henny Nikolin, T., & Viktory Nicodemus Joufree, R. (2022). Pergeseran Paradigma Pembelajaran Informatika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 5411–5420.
Monalisa, M., & Imron, I. (2021). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap efektivitas Pengajaran Guru Sekolah Dasar di Kota Tangerang. Jurnal Inovasi Informatika, 6(2), 98–109. https://doi.org/10.51170/jii.v6i2.164
Nabilah, B., Zakir, S., Murtiyastuti, E., & Mubaraq, R. I. (2022). Analisis Penerapan Mata Pelajaran Informatika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMP. 1, 110–119.
Noviyanti, G. V. (2018). Pengaruh Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Vol. 6).
Numertayasa, W., Putu, N., Astuti, E., Putu, I., Suardana, O., Beny Pradnyana, P., Teknologi, I., Pendidikan, D., & Bali, M. (2022). Workshop Review dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/236
Nur ’ Aini, F. (2018). Pengaruh Game Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 249–255.
Padmiyani, N. W. A., Dyatmika, G. E. P., & Armayani, N. M. R. T. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(01), 38–45. https://doi.org/10.53977/ps.v1i01.351
Purandina, I. P. Y. (2022). Perspektif Sosial Guru Terhadap Literasi Digital Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(01), 19–28. https://doi.org/10.53977/ps.v2i01.477
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Redy Winatha, K., & Made Dedy Setiawan, I. (2020). Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar The Effect Of Game-Based Learning Towards The Learning Motivation And Achievement. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206.
Ruspandi, Mr. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penginputan Penilaian E-Raport Melalui Pelatihan Tik Di Smp Negeri 1 Kertasari. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(2), 167–177. https://doi.org/10.47387/jira.v1i2.39
Setiarini, T., Lisnawati, I., & Prastyo, T. D. (2023). Analisis Berpikir Komputasional Mata Pelajaran Informatika Siswa Kelas X Dpb Dan Tkj Smk Negeri 1 Pacitan Pada Kurikulum Merdeka. In Edumatic: Jurnal pendidikan Matematika (Vol. 4, Issue 1).
Suryaman, M. (2020). Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/Tersediadi:https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/
Sutarno, H., Rohendi, D., & Putri, G. G. (2011). Pengaruh Kompetensi Guru Mata Pelajaran Tik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2), 134–131. http://bataviase.co.id
Syaifuddin, A., Karimah, S., & Mardhiyana, D. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV, 4(1), 427–434.
Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347–356. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470