KUALITAS LKPD ELEKTRONIK BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP EKOLOGI JENJANG SMA

  • Eka Nur Wahyuni Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Zaini Universitas Lambung Mangkurat
  • Amalia Rezeki Universitas Lambung Mangkurat
Kata Kunci: LKPD elektronik, Keterampilan Berpikir Kritis, ekologi

Abstrak

Dunia pendidikan pada Abad ke-21 dituntut menghasilkan generasi yang terampil dalam menerapkan teknologi dan mampu berpikir kritis. Lembar Kerja Peserta Didik elektronik yang memuat indikator keterampilan berpikir kritis hadir dan menjadi inovasi perangkat pembelajaran yang semula berbentuk cetak menjadi digital. Mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan harapandari LKPD elektronik pada konsep Ekologi merupakan tujuan penelitian ini.Metode penelitian menerapkan desain Tessmer, yang terdiri atas: 1) expert review; 2) one-to-one evaluation; dan 3) small group evaluation. Subjek validasi adalah 3 orang ahli, subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas X jenjang SMA dan subjek uji kelompok kecil adalah 4 orang peserta didik kelas X jenjang SMA. Perolehan data berasal dari instrumen penelitian berupa lembar penilaian kepraktisandan keefektifan harapan. Penelitian ini menunjukkan hasil kepraktisan harapan LKPD elektronik kategori sangat baik berdasarkan respon peserta didik danhasil keefektifan harapan memiliki kategori sangat baik (mencakup keterampilan interpretasi, analisis,evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri)berdasarkan penilaian keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mengerjakan LKPD elektronik.

Referensi

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea STIKIP Modern Ngawi , 1-9.
Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Anggereini, E., & Irawan, M. P. (2016). Pengaruh Pengetahuan tentang Konsep Ekosistem dalam Pembelajaran Lingkungan Outdoor dan Indoor Terhadap Perilaku Berwawasan Lingkungan Siswa. Edu-Sains , 50-57.
Anggiasari, T., Hidayat, S., & Harfian, B. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA di Kecamatan Kalidoni dan Ilir Timur II. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi , 183-192.
Facione, P. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assesment and Instruction "The Delphi Report" Excecutive Summary. California: The California Academic Press.
Faridah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Kekebalan Tubuh. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Ismiati, I. (2020). Pembelajaran Biologi SMA Abad ke-21 Berbasis Potensi Lokal: Review Potensi di Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, Kalimantan Utara , 222-235.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Murni, R., Harlita, & Widoretno, S. (2017). Penerapan Guided Inquiry Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Interpretasi Data Siswa Kelas XI IPA 4 Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Proceeding Biology Education Conference (pp. 355-360). Surakarta: Universetas Sebelas Maret.
Novita, S., Santosa, S., & Rinanto, Y. (2016). Perbandingan Kemampuan Analisis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan Guided Discovery Learning. Proceeding Biology Education Conference (pp. 259-367). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Plomp, T., & Nieeven, N. (2013). An Introduction to Educational Design Research. Netherlands: Netherlands Institute for Curriculum Development.
Taufiq, & Basir, F. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional (pp. 206-211). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving the Quality of Education and Training. London: Routledge.
Utami, N. H. (2013). Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kemampuan Interpretasi Siswa SMA pada Konsep Pencemaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Yani, A., & Ruhimat, M. (2018). Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Zaini, M. (2018). Penelitian Desain Pendidikan Aplikasi Teori ke Dalam Praktik. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Diterbitkan
2022-04-13

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##