EKSISTENSI DHARMAGITA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG INOVATIF DAN MENYENANGKAN DI PASRAMAN SE-KOTA MATARAM
Abstract
Dharmagita merupakan salah satu metode pembelajaran agama Hindu yang efektif
dan menyenangkan, sekaligus berfungsi sebagai sarana siar agama yang bernilai spiritual
tinggi. Sebagai bentuk tembang keagamaan, Dharmagita mengandung ajaran suci tentang
kebenaran (satya), etika moral, dan budi pekerti luhur yang sejalan dengan nilai-nilai tattwa
dan etika Hindu. Dalam konteks pendidikan nonformal seperti pasraman, Dharmagita
diterapkan sebagai media pembelajaran yang inovatif untuk memperkuat pemahaman siswa
terhadap ajaran agama secara menyeluruh. Perkembangan teknologi dan arus globalisasi
menuntut para acarya untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang kreatif dan relevan
dengan kebutuhan generasi muda, termasuk melalui media musikal seperti Dharmagita.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Fokus penelitian diarahkan pada
analisis terhadap eksistensi Dharmagita sebagai media pembelajaran inovatif di pasraman
pasraman se-Kota Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dharmagita tidak hanya
memperkaya konten ajaran Hindu dalam proses pembelajaran, tetapi juga secara signifikan
meningkatkan minat, keterlibatan, dan partisipasi aktif sisya (siswa). Melalui pendekatan
yang menyenangkan dan sarat makna, Dharmagita terbukti mampu menjadi jembatan efektif antara nilai-nilai spiritual Hindu dan kebutuhan pedagogis masa kini, serta mendukung
pencapaian tujuan pendidikan agama Hindu yang utuh dan bermakna.
References
Bhagavad Gita (Terjemahan oleh Swami Prabhupada). Jakarta: The Bhaktivedanta Book Trust.
Bhagawan, S. (2019). Dharmagita dan Perannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Yogyakarta: Penerbit Dharma Widya.
Budiarta, I. G. N. (2016). Tradisi dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Agama Hindu. Denpasar: Pustaka Sumber Agung.
Gunawan, A. (2014). Pembelajaran Berbasis Teknologi: Inovasi dalam Pendidikan Agama. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Manawa Dharmasastra (Terjemahan oleh Penerbit Sari Agama). Jakarta: Yayasan Dharma Nusantara.
Pemerintah Republik Indonesia. (2006). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Riana, I. G. (2017). Pengaruh Pembelajaran Dharmagita terhadap Karakter Spiritual Sisya di Pasraman. Denpasar: Universitas Hindu Indonesia.
Saraswati, N. P. (2021). Pendidikan Agama Hindu di Pasraman: Implementasi dan Tantangannya. Mataram: Penerbit Satu Bangsa.
Sudarsana, I. K. (2015). "Strategi Pengajaran Pendidikan Agama Hindu di Era Globalisasi." Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 4(1), 21-30.
Sujana, I. W. (2018). Inovasi dalam Pendidikan Agama Hindu: Pendekatan dan Metode Terbaru. Denpasar: Penerbit Agung Pustaka.
Sutjaja, I. G. M. (2006). Kamus Sansekerta-Indonesia. Denpasar: Upada Sastra.
Suryani, A. (2020). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Agama Hindu di Era Digital. Jakarta: Penerbit Media Scholar.
Tunjung, I. D. (2015). Dharmagita sebagai Media Pembelajaran dalam Mengembangkan Karakter Sisya. Surabaya: Penerbit Genta.
Widiastuti, S. (2019). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Agama Hindu di Pasraman. Mataram: Penerbit Dharma Pustaka.
Yadnya, I. B. P. (2010). "Dharmagita sebagai Sarana Pendidikan Moral dalam Tradisi Hindu." Jurnal Seni dan Budaya Hindu, 2(1), 45-53.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.