GAYA MENGAJAR GURU OTORITER: PERANANNYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH

  • Ketut Citra Kurniawan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Komang Ayu Puspayanti Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Ketut Adiartha Pradana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Keywords: teaching style, authoritarian teacher, learning motivation, discipline, school

Abstract

Pendidikan tidak hanya tentang mentransfer pengetahuan, melainkan membentuk karakter dan perilaku  peserta didik yang didambakan oleh masyarakat. Keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar  (KBM) tidak terlepas dari berbagai aspek.  Peran guru dalam hal ini memiliki kedudukan dan peranan penting. Setiap guru memiliki pendekatan yang berbeda dalam mengajar dan akan memengaruhi terhadap motivasi belajar siswa dan kedisiplinannya karena guru adalah sosok yang disegani dan diteladani. Sehingga setiap guru sepatutnya mengoptimalkan perannya sebagai guru sekaligus leader (pemimpin) dalam hal ini di kelas. Salah satu gaya mengajar guru yang lumrah dikenal adalah gaya mengajar otoriter yaing menekankan prinsip disiplin tinggi, aturan yang ketat, kendali penuh dari guru serta menjunjung tinggi tanggungjawab.  Meskipun demikian, gaya mengajar guru otoriter  memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar dan kedisiplinan peserta didik.   Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan penelitian kepustakaan studi dokumentasi. Penelitian ini tertarik menelisik terkait gaya mengajar guru otoriter yang diterapkan oleh guru di sekolah, mengidentifikasi ciri-ciri figur guru yang mengadopsi gaya mengajar otoriter di sekolah dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penulis juga tertarik untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi peserta didik lebih termotivasi jika diajarkan oleh guru otoriter serta mengkaji bagaimana implikasi (dampak) atau kemungkinan-kemungkinan yang ditimbulkan dari penggunaan gaya mengajar otoriter oleh guru di sekolah. Penelitian ini  sangat penting dimana gaya mengajar yang diadopsi yang menjadi pendekatan dalam mengajar dari seorang guru sangat menentukan terhadap motivasi belajar siswa, kedisiplinan dan menginternalisasi atau menanamkan karakter yang baik dalam diri peserta didik.

References

Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Astri, W. (2022). Gaya Kepemimpinan Otoriter (Otokratis) Dalam Manajemen Pendidikan. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 123-130.
Bungin, Burhan. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gencana.
Chotimah, C., Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. AR RUZZ MEDIA
Halilintar, D. P., I. P. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otoriter Pada Usia Remaja. Jurnal Hasil Kajian dan Penelitian dalam Bidang Keislaman dan Pendidikan, 386-397
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Hersey. (2004). Kunci Sukses Pemimpin Situasional. Jakarta: Delaprasata
Ilahi, R., Putra, M. N., & Munip, A. (2022). Peran guru dalam pembentukan karakter displin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 2162-2172.
Jalil, A. (2019). Penggunaan Kekuasaan Guru Dalam Kelas (Studi Kasus Di Sma Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Lulusianto, G. F. (2018). Gaya kepemimpinan guru terhadap pembentukan karakter siswa pada serial drama Gomen Ne Seishun karya sutradara Daisuke Yamamuro (Skripsi). Universitas Brawijaya.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149-157.
Moertono, S. (2017). Negara dan Kekuasaan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia
Mulyadi, W. W. (2020). Pengantar Manajemen. Banyumas: Pena Persada
Nawawi, H. (1993). Kepemimpinan Menurut Islam. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nawawi, H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Cetakan ke-7. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nisfu, K., S. A. (2020). Kepemimpinan Otoriter dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-IlmuSosial dan Keislaman, 160-174.
Ramadanti, M., Sary, C. P., & Suarni, S. (2022). PSIKOLOGI KOGNITIF (Suatu Kajian Proses Mental dan Pikiran Manusia). Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(1), 56-69.
Sari, H. M. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otoriter terhada Loyalitas Melalui Kepuasan Kerja dan Stres Kerja Karyawan Perusahaan X di Blitar. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis & Call For Paper FEB UMSIDA, 179- 190
Wahyuni, S., Sukatin, S., Fadilah, I. N., & Astri, W. (2022). Gaya Kepemimpinan Otoriter (Otokratis) Dalam Manajemen Pendidikan. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 123-130.
Published
2025-05-15
How to Cite
Kurniawan, K., Puspayanti, N. K. A., & Pradana, I. K. A. (2025). GAYA MENGAJAR GURU OTORITER: PERANANNYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(02), 93-104. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/ps.v4i02.2364

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.