IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PELAJARAN IPAS SD DI GUGUS V KECAMATAN ABIANSEMAL

  • I Ketut Manik Asta Jaya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstrak

Proses pembelajaran harus dirancang untuk merangsang kemampuan berpikir krits siswa, terutama dalam menyikapi berbagai permasalahan yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi model pembelajaran berbasis masalah pada pada mata pelajaran IPAS sekolah dasar di Gugus V Kecamatan Abiansemal. Pentingnya penelitian ini untuk mengulas secara detail tahap implementasi model pembelajaran berbasis masalah, mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga kendala yang dihadapi guru sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas empat pada Sekolah Dasar di Gugus V Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung, yang sudah ditentukan menggunakan purposive sampling, meliputi SD Negeri 2 Abiansemal dan SD Negeri 2 Blahkiuh. Sumber data penelitian ini berupa hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan reduksi data, sajian data hingga menyimpulkan data. Hasil penelitian implementasi model pembelajaran berbasis masalah ini dapat dilihat dari beberapa tahap, (1) tahap persiapan yakni menyiapkan RPP hingga sejumlah problematik yang akan digunakan sebagai awal pembahasan materi. (2) tahap pelaksanaan guru membentuk kelompok siswa, selanjutnya diarahkan untuk mengerjaan tugas berupa pemecahan masalah. (3) tahap evaluasi guru tidak hanya menilai hasil karya siswa, namun juga mengevaluasi permasalahan sebagai kendala yang dihadapi siswa selama proses pembelajaran. Disimpulkan bahwa guru sekolah dasar di Gugus V Kecamatan Abiansemal telah dapat mengimplementasikan model pembelajaran berbasis masalah untuk mata pelajaran IPAS.

Referensi

Aiman, U. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PendidikanDasarFlobamorata, 1(1), 1–5.
Amir, M. F. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal of Medives, 2(1), 117–128.
Dantes, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnl Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209.
Dianawati, N. L. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V. Mimbas PGSD Undiksha, 5(2).
Ee, L. S., Chinn, L. Y., & Zhifeng, Z. (2023). Problem-based learning module of organic insecticide for the aborigine students in Malaysia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(2), 818–825.
Ejidike, I. P., & Oyelana, A. A. (2015). Factors Influencing Effective Teaching of Chemistry: A Case Study of Some Selected High Schools in Buffalo City Metropolitan Municipality, Eastern Cape Province, South Africa. International Journal of Educational Sciences, 8(3).
Fredy, K. W. L., R Butarbutar, & Duli, A. (2019). Science process skills in learning environmental pollution using PBL models. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 343(1).
Hanifah, S. S. A., Ghazali, N., Ayub, A. F. M., & Roslan, R. (2023). Predicting teachers’ use of digital technology. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(2), 555–562.
Haryanti, N., Wilujeng, I., & Sundari, S. (2020). Problem based learning instruction assisted by e-book to improve mathematical representation ability and curiosity attitudes on optical devices. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1).
Islahiyah, I. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemacahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107–2118.
Jamal, S. N. B., Ibrahim, N. H. B., & Surif, J. Bin. (2019). CONCEPT CARTOON IN PROBLEM-BASED LEARNING: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW ANALYSIS. Journal of Technology and Science Education, 9(1).
Jaya, I. K. M. A. (2021). Pendidikan Multikultur Dalam Aktivitas Keagamaan Di Konco Pura Taman Gandasari Desa Dangin Puri Kaja Kecamatan Denpasar Utara Provinsi Bali. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 3(1), 44–57.
Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2).
Maknun, L. (2022). Model Pembelajaran dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal pada Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 684–691.
Meryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menegah Pertama. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.
Musfiqon. (2015). Model Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center.
Nurdyansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran (1st ed.). Nizamia Learning Center.
Rahmasari, A., & Kuswanto, H. (2023). The effectiveness of Problem-Based Learning physics pocketbook integrating Augmented Reality with the local wisdom of catapults in improving mathematical and graphical representation abilities. Journal of Technology and Science Education, 13(3), 886–900.
Reta, I. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1), 1–17.
Schoenfeld. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematic. Journal of Education, 2(1), 38.
Simanjuntak, M., Marpaung, N., L, S., & Nurdin, S. (2021). The Effect of Problem Based Learning Based on Multiple Representations to the Students’ Science Conceptual Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1819(1).
Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.
Vera, K. (2018). Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 1(2), 33–45.
Wijayanto, B., Sumarmi, S., Utomo, D. H., Handoyo, B., & Aliman, M. (2023). Problem-based learning using e-module: Does it effect on student’s high order thinking and learning interest in studying geography? Journal of Technology and Science Education, 13(3), 613–631.
Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 71–83.
Diterbitkan
2024-05-18
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##