PENDIDIKAN KELUARGA BERBASIS NILAI-NILAI AGAMA HINDU BERBUDAYA BALI DALAM PENINGKATAN KUALITAS REMAJA DI DUSUN EYAT KANDEL DESA SURANADI KECAMATAN NARMADA
Abstract
Masyarakat Hindu di Dusun Eyat Kandel Desa Suranadi merupakan salah satu masyarakat perdesaan namun dibalik itu semua ada sesuatu yang menarik yang dapat kita temukan yang berkaitan dengan komitmen masyarakat dalam mempertahankan keberagamaanya sehingga tingkat sradha dan bhakti para remaja di Dusun Eyat Kandel tampak utuh sesuai Budaya Bali yang secara turun temurun di wariskan oleh para orang tua kepada anak-anaknya. Berbagai aktivitas para remaja yang berada di Dusun tersebut dimulai dengan aktif kegiatan Sekhe Truna Truni yang setiap bulan ngumpul sangkep, ngayah, latihan Tari Tarian, Bleganjur, Metabuh dan kegiatan pembelajaran di pasraman seperti yoga, upakara, dharmagita dan sembahyang bulanan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengeksplorisasi Pendidikan Keluarga Berbasis Nilai Nilai Agama Hindu Berbudaya Bali Dalam Peningkatan Kualitas Remaja di Dusun Eyat Kandel Desa Suranadi Kecamatan Narmada. Dengan menggunakan Metode Kualitatif dengan analisis data secara deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui Metode Observasi Wawancara Dan Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui Strategi Implementasi Pendidikan Keluarga Berbasis Nilai – Nilai Agama Hindu Berbudaya Bali Dalam Peningkatan Kualitas Remaja Di Dusun Eyat Kandel Desa Suranadi Kecamatan Narmada yaitu 1) Orang tua Sering Melakukan Bincang-Bincang dengan Anak; 2) Orang Tua Memberikan Nasehat Kepada Anak Remaja 3) Memberikan contoh secara lasung kepada para anak remajanya. Implikasi Implementasi Pendidikan Keluarga Berbasis Nilai-Nilai Agama Hindu Berbudaya Bali Dalam Peningkatan Kualitas Remaja di Dusun Eyat Kandel Desa Suranadi Kecamatan Narmada yaitu secara tatwa, Susila dan upacara Hambatan yang Dihadapi Orang Tua Dalam Peningkatan Kualitas Remaja yang Berbasis Nilai-Nilai Agama Hindu Berbudaya Bali di Dusun Eyat Kandel Desa Suranadi Kecamatan Narmada yaitu 1) pergaulan para anak remaja yang sulit di kontrol oleh orang tua. 2) sikap etika atau prilaku para remaja yang sering banyak kemauan 3) pemahaman praktek agama Hindu yang masih kurang 4) penggunaan Gadget yang berlebihaan.
References
Azwar, H. (2004). Ilmu Social Dasar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Asrori, W. (2006). Pola Asuh Anak Anak. Jakarta: PT. BPK Gunung mulia
Asti, P. (2017). Pendidikan Karakter Anak Remaja. Jakarata :Paramitha
Arnyana. I.B.P (2014). Peranan Budaya Bali Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal pendidikan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha - ejournal.undiksha.ac.id.
Bartens, B. (2001). Beragama Bukan Hanya di Pura (Agama Hindu Sebagai Tuntunan Hidup). Denpasar : Yayasan Dharma Naradha.
Bandura, A. (1986). Social Learning Theory. New York: General Learning Press.
Ghony, M. Djunadi dan Almanshur, Fauzan. (2016). Metode penelitian kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gobyah, M. Djunadi. (2016). Pendidikan Berbasis Budaya. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunarsa. (2007). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung : Refika Aditama.
Geriya, A. (1999). Pendidikan Dasar Bagi Keluarga. Surabaya. PT. Paramitha
Hartoko, D. Dkk. (2004). Ilmu Budaya Dasar Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT. Preharlindo.
Irawan, D. (2006). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : Pustaka Belajar.
Ihromi, M. (2004). Sosial Budaya Dasar M.A.103. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Irawan. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Kerjasama UI dan Remaja Rodakarya.
Januarini, M. (2008). Pendidikan nilai. Yogyakarta : Yayasan Bentang Budaya.
Kadjeng I N, dkk. (2007). Sarasamucaya, dengan teks Bahasa sangsekerta dan jawa kuna. Surabaya : Paramitha
Suryawan. I.G.J. (2019). Pendidikan Agama Hindu Sebagai Dasar Penanaman Nilai Moral Dan Etika Anak Sejak Dini Pada Keluarga Hindu. Jurnal Purwadita Volume 3 No 1 Maret Tahun 2019 ISSN 2621-1017.
Sudarsana. I.K. (2018). Implementasi Pendidikan Informal Hindu Dalam Menjaga Pola Komunikasi Remaja Pada Pergaulan Sehari – Hari. Jurnal Komunikasi Universitas Trunojoyo. Volume XII No 1 2018. ISSN : 2549 -4902.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.